PALUTUNGAN BERSAHABAT


oleh Vera Verawati*)


      Deretan pohon pinus menjadi saksi kedatangan saya pagi ini. Perjalanan yang lumayan jauh tak terasa melelahkan karena terhapus oleh indahnya pemandangan sepanjang perjalanan. Selamat datang di Palutungan, “Anda menuju Curug Putri”, sebuah sambutan terpampang di pintu gerbang masuk. Seorang perempuan menyapa, ”Karcis dulu, Teh”. Sambil tersenyum, ia  menyerahkan 2 lembar tiket. Harga tiket masuk Palutungan di hari kerja Rp15.000,00 per orang.  Sedangkan di hari Sabtu dan Minggu atau libur nasional sebesar  Rp 17.500,00 per orang. Objek wisata Palutungan terletak di Desa Palutungan, Kecamatan Cigugur, Kabuaten Kuningan, Jawa Barat.
       Lokasi wisata Palutungan yang hanya berjarak 11 km dari pusat Kota Kuningan dapat ditempuh hanya dalam 30 menit. Palutungan merupakan wisata alam yang terletak di bawah Kaki Gunung Ciremai, tepatnya berada di ketinggian 1.100 mdpl.  Nama Palutungan itu sendiri diambil dari nama binatang sejenis kera yang disebut oleh warga setempat “lutung”. Pada zaman dahulu begitu banyak lutung terdapat di lokasi ini.
      Berbagai kegiatan seru pastinya bisa dilakukan di Palutungan di antaranya: menikmati pesona alamnya yang masih asli, didominasi oleh hutan pinus, dan jenis tanaman lainnya. Banyak pepohonan berdaun rindang hingga kita bisa berteduh di setiap sudutnya. Selain itu kita disuguhi keindahan lainnya yakni Air Terjun Putri. Ini terkenal dengan nama Curug Putri.  Sangat terkenal keindahan serta kejernihan airnya hingga para pengunjung pun bisa mandi di bawah deras dan segarnya air terjun. Selain berair jernih juga kondisi di bawah air terjun yang dangkal dan berlapis pasir serta bebatuan. Ini membuatnya aman untuk anak-anak dan dewasa.
      Palutungan juga bisa digunakan untuk kegiatan bersama seperti outbound bersama keluarga atau sahabat.bagi mereka yang suka dengan berkemah, Palutungan adalah tempat yang bagus untuk berkemah. Di sini tersedia banyak sekali tempat penyewaan tenda dan peralatan kemah dengan harga terjangkau. Selain berkemah kegiatan yang tidak kalah menarik  lainnya yakni bermain panahan, flying fox,  dan bertualang dengan motor ATV, kita bisa bebas berkeliling Palutungan dengan gaya ala aktor Hollywood.


       Dan untuk sekadar melepas lelah sekaligus menambah koleksi foto bagi yang suka berfoto kita dimanjakan dengan deretan hammock berwarna–warni hingga melengkapi liburan sahabat. Adapun kekurangan di Palutungan sendiri sarana beribadah yang belum memadai, serta perawatan terhadap fasilitas umum dirasa masih kurang. Untuk itu kepada semua pihak yang terkait serta pengunjung yang datang ke Palutungan diharap secara penuh kesadaran ikut menjaga dan merawat setiap fasilitas umum yang ada, dan gunakanlah fasilitas tersebut dengan penuh tanggung jawab untuk tetap menjaga kenyamanan serta kelestarian Palutungan.
       Palutungan ke depannya akan terus berinovasi terutama membuat sarana bermain untuk anak-anak. Sarana saung untuk peristirahatan bagi keluarga yang masih terlihat kurang terutama untuk mengantisipasi di kala musim penghujan tiba. Nah, sahabat, yuk, menjelajah ke Palutungan dan nikmati sensasi tersendiri. Lebih seru jika bisa pergi bersama orang-orang tersayang.

*)
Penulis: Vera Verawati lahir di Jambi pada 01 Pebruari 1979. Hobinya  membaca dan menulis. Ia berprofesi sebagai juru masak di Waroeng Ilmu, Cirendang, Kuningan.  




Penyunting: Saiful Amri, M.Pd.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PALUTUNGAN BERSAHABAT"

Post a Comment