Sanroh di SMPN 2 Cimahi, Kabupaten Kuningan


        Salah satu pendidikan karakter di SMPN 2 Cimahi selain sosial adalah spiritual. Pembiasaan sikap spiritual dilaksanakan melalui berbagai kegiatan seperti; doa sebelum dan sesudah belajar, Salat Zuhur berjamah, Sanroh, dan lain-lain. Penilaian sikap ini dikoordinatori oleh Bapak H. Carwan, S.Ag., M.Pd.I dalam MGMP PAIBP tingkat sekolah.
       Sanroh (Pesan Rohani) dilaksanakan setiap Jumat Pagi. Kegiatan ini dilaksanakan di halaman sekolah. Rangkaian acara diawali dengan Salat Duha, membaca Surat Yasin, dan Sanroh. Pesan-pesan keagamaan disampaikan secara bergantian oleh beberapa guru baik Guru PAIBP maupun guru lainnva. Pada event tertentu, pesan rohani disampaikan oleh para siswa dan siswi.
       Hari ini, Jumat (27/09/2019), pesan rohani disampaikan oleh penulis (Saiful Amri, M.Pd.). kemasan pesan kali ini disampaikan melalui bentuk cerita. Cara ini bertujuan agar ada nuansa berbeda. Pesan moral dari cerita tersebut agar kita tidak melakukan perbuatan bohong. Penulis juga membacakan Firman Allah SWT dalam Surat Al-Isra ayat 25 yang artinya: 

“Tuhanmu lebih mengetahui apa yang ada dalam hatimu, jika kamu orang-orang yang baik, maka sesungguhnya Dia Maha Pengampun bagi orang-orang yang bertaubat.”


       Pada hari itu, Ibu Dra. Sawitri Restiningrum mengawali pagi dengan bersalawat melalui pengeras suara sebagai tanda dimulainya kegiatan. Beliau adalah salah seorang guru PAIBP di SMPN 2 Cimahi. Pada akhir kegiatan, Kepala Sekolah, Bapak Holil, S.Pd. mengingatkan kepada siswa agar menjaga kebersihan dan sanksi akan diberikan bagi siswa yang membuang sampah sembarangan. (SAM).


*)
Penulis: Saiful Amri, M.Pd. adalah pendidik di SMPN 2 Cimahi, Kab. Kuningan. Beliau juga pegiat literasi Jawa Barat. Saat ini telah 16 judul buku yang diterbitkan baik sendiri maupun antologi.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Sanroh di SMPN 2 Cimahi, Kabupaten Kuningan"