SOLUSI MENGHILANGKAN STRESS


oleh Vera Verawati*)

Globalisasi ternyata tidak hanya berdampak pada faktor perekonomian saja tapi juga berdampak pada psikologi kita.Hal ini menuntut setiap orang untuk bisa bertahan dengan persaingan yang sangat ketat, persaingan yang dilakukan secara riil maupun persaingan yang berbau intrik hingga mistik.

Sebagian orang yang tidak memiliki mental yang kuat disertai keimanan membuat mereka memilih jalan pintas dengan mengakhiri hidup atau sebagian mereka jiwanya menjadi sakit. Disadari atau tidak, kita bisa menyaksikan banyaknya orang gila di jalanan saat ini atau berita-berita bunuh diri baik di televisi maupun koran, atau berbagai berita kriminal yang terus meningkat angkanya.

Sulitnya memenuhi kebutuhan hidup yang terus dituntut semakin besar dari kebutuhan pokok. Kebutuhan sampingan hingga kebutuhan sosialita, menuntut kita untuk bekerja lebih keras lagi. Tingginya tuntutan tersebut menjadi pemicu utama terjadinya stress. 

Adapun ciri-ciri kita mengalami stress di antaranya seringnya sakit kepala, migren, susah tidur (insomnia) hingga jantung yang selalu berdebar-debar tidak teratur. Bermula dari stress inilah memicu berbagai penyakit timbul dalam tubuh kita. Bukan hal yang mudah memang untuk kita terhindar dari stress karena sifat dasar kita sebagai manusia yang tidak pernah merasa cukup.

Tapi untuk menghindari atau mengobatinya juga tidaklah sulit hanya dibutuhkan keyakinan. Dengan keyakinan ini kita bisa ke luar dari stress itu sendiri. Beberapa tips di bawah ini bisa kita coba untuk ke luar dari stress atau terhindar dari stress.
Berfikir Positif  (Berprasangka Baik) 
Mari kita mulai dengan berfikir postif (berprasangka baik), pada setiap hal yang kita alami baik itu kebahagiaan atau pun kesedihan. Karena seperti kita tahu bahwa Tuhan tidak akan memberi satu ujian di luar kemampuan kita dan Tuhan akan selalu mewujudkan setiap prasangka kita itu sebabnya akan lebih baik jika kita berfikir positif (berprasangka baik) maka baik pula hasil  yang kita dapatkan.

Bersyukur
        Bersyukur itu terlihat mudah, tapi pada kenyataanya sangat sedikit dari kita yang selalu bersyukur. Tahukah kita dengan bersyukur secara tidak sadar kita telah mengobati stress. Karena dengan bersyukur atau merasa cukup kita tidak akan menuntut diri sendiri atau orang-orang di sekitar kita terlalu keras. Cukup lakukan apapun yang menjadi pekerjaan dengan senang hati selebihnya kita berserah diri pada Tuhan. Maka dengan begitu Anda memperkecil kemungkinan untuk stress.

Berbagi (Bersedekah)
       Jika sebagian orang berfikir dengan berbagi akan menjadikan rizkinya berkurang bahkan miskin. Itu pemikiran yang keliru karena justru sebaliknya.  Di berbagai media kita bisa melihat berbagai kisah inspiratif tentang keajaiban dari sedekah. Lalu kenapa kita masih ragu, sedekah tidak harus berbentuk uang, ataupun makanan, tapi berbagi di sini mengandung arti luas, bisa saja sebuah senyum yang tulus atau kata-kata yang lembut yang memotivasi. Itu juga termasuk sedekah yang paling sederhana. Tunggu apa lagi, budayakan tersenyum saat bertemu sesama dan sapaan yang ramah seperti itulah dunia mengenal Indonesia, bukan?

Silaturahmi 
Silaturahmi atau mengunjungi sesama untuk menjaga terjalinnya hubungan baik. Dengan silaturahmi juga bisa mendatangkan rizki atau kebaikan, juga memanjangkan umur. Seringnya silaturahmi akan menyelamatkan kita dari stress.

Jadi mulailah dari sekarang kita berbenah diri, berfikirlah positif (berprasangka baik) atas setiap hal yang terjadi pada kita, bersyukurlah atas setiap hal yang kita punya, berbagilah dengan sesama, tak lupa bersilaturahmi. Dijamin Anda terbebas dari stress. Yuk, Kita coba! (Waroeng Ilmu-Cirendang, April 2019)


Vera Verawati lahir di Jambi, 1 Februari 1979. Hobinya membaca dan menulis. Ia berprofesi sebagai juru masak di Waroeng Ilmu, Cirendang, Kuningan.


Penyunting: Saiful Amri, M.Pd. 




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SOLUSI MENGHILANGKAN STRESS"

Post a Comment