Teaching English through Songs


oleh Eti Nurhayati, S.S., M.Pd.*)

       Mengajar bahasa asing di kelas tujuh tidak mudah, lho … karena memang para siswa baru mengenalnya. Memang ada, sih, yang di SD-nya belajar Bahasa Inggris, namun masih jarang. Apalagi siswa dari SD yang terdapat di daerah-daerah yang guru kelasnya sudah repot dengan mengajar beberapa mata pelajaran lainnya, sedangkan guru yang secara khusus mengajar Bahasa Inggris tidak ada. Sudah bisa dibayangkan pembelajaran Bahasa Inggris terbengkalai, tidak ditangani dengan baik. Hal tersebut berdampak pula terhadap kurangnya antusias mereka dalam kegiatan belajar mengajar di kelas yang saya ajar.
       Dari pengalaman itulah, sedikit demi sedikit saya mulai memikirkan dan menerapkan langkah-langkah yang mesti ditempuh, tentunya yang tidak menyimpang dari program. Sebagai langkah awal saya mencoba mengambil hati mereka agar mereka suka. Ya  cerita-cerita dikit tentang pengalaman dulu ketika saya  belajar Bahasa Inggris, mengingatkan mereka akan lagu-lagu masa kecilnya (seperti Balonku, Bangun Tidur, Tamasya, dan lain-lain), kemudian  memperkenalkan lagu-lagu berbahasa Inggris.
     Demikian pula pada pertemuan-pertemuan berikutnya, mereka terus dimotivasi di samping diberikan materi pelajaran semenarik mungkin yang bisa saya lakukan. Seperti biasanya saya menyelipkan lagu-lagu untuk menarik perhatian mereka. Lagu-lagu itu saya ciptakan sendiri dengan memakai irama lagu yang familiar, tentunya. Dan hasilnya? Cukup menggembirakan. Cara ini membantu mereka untuk tahu dan hafal arti dari kata-kata yang ada dalam teks lagu tersebut juga pandai melafalkan dan menyanyikannya. 
     Ada yang lebih menggembirakan lagi, ketika saya asyik menyampaikan atau menjelaskan materi pelajaran, mereka meminta untuk menyanyi. Rupanya mereka enjoy dengan lagu-lagu berirama mudah yang mereka pelajari dari saya sebagai gurunya, semacam ketagihan, ya ? Ketika anak-anak sudah request untuk nyanyi, saya pun mengabulkannya. Saya senang bernyanyi bersama mereka walaupun sebenarnya saya tidak pandai menyanyi.
     Oh, ya, sesekali mereka diminta untuk bernyanyi di depan kelas. Untuk tampil bernyanyi, anak-anak ABG seperti mereka menyambut dengan gembira. Alhamdulillah.
       Berikut contoh lagu-lagu yang sering dinyanyikan ketika pembelajaran Bahasa Inggris di kelas saya:

Animals
Lirik lagu: Eti Nurhayati
Irama lagu: Di Sini Senang di Sana Senang

I Have a pigeon
You have a rabbit
We have a cat, a duck, a horse and sheep
I have butterfly
You have a mouse, a snake and a tiger
Reff: I can see your rabbit, you can see my pigeon,
we can see some animals and we have them.


Places
Lirik lagu: Eti Nurhayati
Irama lagu: Tamasya

I go to Supermarket to buy something that I need
You go to post office to send your letter
We go to our school to study together
Hello my friend, where will you go later?


Months in a year
Lirik lagu: Eti Nurhayati
Irama lagu: Balonku

January, February
March, April, May and June
July, August and September
October and November
December is the last month … YES!
January is the first
We must know all of the Months
which are in the calendar

     Demikianlah salah satu pengalaman saya mengajar Bahasa Inggris. Berdasarkan pengalaman tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa lagu dapat membuat pembelajaran Bahasa Inggris lebih menyenangkan bagi siswa.

*) Penulis
Eti Nurhayati, S.S., M.Pd. Lahir di Tasikmalaya. Karya-karyanya telah dimuat di beberapa media massa. Buku-bukunya yaitu Pengantar Sastra, Jejak-Jejak dalam Sajak, Adelaide dalam Bingkai Kenangan, Miracle of Life, Sebuah Refleksi. Pada Tahun 2015 Penulis mengikuti Teacher Professional Program di Adelaide, Australia Selatan. Tahun 2016 menjadi presenter pada Siliwangi International English Conference. Tahun 2017 mendapatkan penghargaan  Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat atas partisipasinya dalam menyukseskan Gerakan Guru menulis 100 buku, dan mengikuti Desiminasi Nasional Literasi yang diselenggarakan oleh KEMENDIKBUD. Penulis aktif mengajar di SMP Negeri 1 Sariwangi Kabupaten Tasikmalaya. Bergabung dengan Forum Gumeulis (Guru Menulis) dan KPLJ. Surel etinurhayati206@gmail.com.

Penyunting: Saiful Amri, M.Pd.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Teaching English through Songs"

Post a Comment