Literasi, Gerakan Sepanjang Masa


Read, Reading, Literacy, Education

oleh Eti Nurhayati, S.S., M.Pd.*)


       Literasi yang kini sedang menjadi tren topik sesungguhnya bukanlah hal yang baru. Sejak beberapa abad yang lalu, manusia telah diseru untuk membaca,seperti yang tercantum dalam Alquran surat Al-Alaq: 1- 9.
       Kegiatan menulis dan membaca merupakan suatu kebutuhan yang tidak bisa ditunda-tunda lagi. Realistis saja, bagaimana bisa maju suatu masyarakat apabila masyarakat itu ketinggalan dalam hal ilmu dan teknologinya. Memang, disadari atau tidak dengan membaca, maka ilmu kita bertambah. Semakin banyak kita membaca,semakin banyak pula ilmu yang kita dapatkan.
       Demikian pula dengan menulis. Menulis menjadi kebutuhan yang mendesak manakala seseorang ingin membagikan ilmunya kepada orang lain secara lebih luas. Seperti yang kita ketahui bahwa sebaik-baik manusia yaitu yang memberikan manfaat pada orang lain. Melalui tulisan diharapkan bisa menularkan ilmu yang telah didapat. Ada suatu keterangan yang menyatakan bahwa ilmu yang tidak ditularkan akan hilang sia-sia.
       Sahabatku sekalian… . Ayo, kita tunjukkan semangat litarasi mulai sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk memulai suatu kebaikan. Bukankah kita ingin maju? Nah, coba diingat-ingat lagi keterangan yang satu ini:

"Sesungguhnya Allah tidak mengubah nasib suatu kaum sehingga kaum itu sendiri mengubahnya." (QS  Arra'du: 11).

       Bagaimana kita melakukan perubahan? Dalam hal ini mulailah dari diri kita sendiri (ibda binnafsik), berikutnya ke lingkungan kita …. Dengan itikad baik. Dengan cara yang baik. Insyaallah akan berhasil.
Salam Literasi …!

*)
Penulis: Eti Nurhayati, S.S., M.Pd. adalah Guru SMPN 1 Sariwangi, Kab. Tasikmalaya.

Penyunting: Saiful Amri, M.Pd.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Literasi, Gerakan Sepanjang Masa"

Post a Comment