MEMBINA AKHLAK, MEMBANGUN KARAKTER DI SMPN 3 LIMBANGAN


Limbangan.Guneman (17/10) Disaksikan sorot mentari pagi dan hembusan angin yang sejuk menyegarkan, lapang prestasi dan panggung kreasi kembali menjadi saksi aktivitas penuh makna di lingkungan SMPN 3 Limbangan. Kalau minggu sebelumnya di tempat ini digelar Shalat Istisqa berjamaah dan readathon, maka hari ini digelar kajian Al Qur'an.

Kajian ini merupakan aktivias rutin setiap Kamis pagi sebelum memulai pembelajaran. Acara diisi dengan membaca al Qur’an bersama dan siraman rohani. Diikuti oleh seluruh siswa dan guru.

Kegiatan keagamaan untuk membangun akhlak dan karakter yang baik  di SMPN 3 Limbangan dibuat secara terprogram. Program kegiatan di lapang, Senin upacara bendera, Selasa dan Rabu berupa aktivitas Shalat Dhuha bersama, Kamis kajian Al Qu’ran dan Jumat kegiatan kepramukaan.

Dalam proses pembelajaran kegiatan keagamaan juga berjalan. Setiap sebelum memulai jam pembelajaran diawali dengan pembacaan asmaul husna. Pembacaan asmaul husna juga berlaku untuk pergantian mapel di jam berikutnya. Selain itu, pada jam istirahat kedua dilaksanakan shalat dhuhur berjamaah.

Yang menarik setiap sangsi yang diberikan kepada siswa yang terlambat diberikan dalam bentuk keharusan mengucapkan hapalan bacaan asmaul husna atau surat-surat pendek dari juz amma. Menurut Ade Suhaya, S.Pd. MM.Pd. selaku kepala sekolah tindakan berupa hukuman fisik harus dihindari karena dinilai tidak mendidik. (EC-Guneman)




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MEMBINA AKHLAK, MEMBANGUN KARAKTER DI SMPN 3 LIMBANGAN"

Post a Comment