MEREKONSTRUKSI SEMANGAT SUMPAH PEMUDA DI ERA SOCIETY 5.O



oleh Dony Purnomo
Guru di SMAN 1 Purwantoro Wonogiri Jawa Tengah


Kini Indonesia telah memasuki era revolusi industri 4.0 yang ditandai dengan besarnya peran internet dalam kehidupan. Lambat laun Indonesia bergerak menuju era di level atasnya yaitu era society 5.0. Konsep yang diangkat dalam era society 5.0 ini adalah kolaborasi antara manusia dengan internet yang sering disebut dengan Artificial Intellegent dan Internet Of Thing denganmemanfaatkan kemampuan internet dan kecerdasan buatan untuk menyelesaikan permasalahan di masyarakat baik di dunia nyata maupun dunia maya.

Dalam perkembangan era society 5.0 dibutuhkan persiapan untuk menghadapinya utamanya mempersiapkan generasi muda dalam melalui era society 5.0 karena pada era tersebut peran teknologi dan informasi memegang sebagian besar kehidupan manusia. Efek jangka panjangnya adalah sifat individualis semakin mengakar kuat dalam kepribadian generasi muda karena anggapan bahwa teknologi dapat menyelesaikan segalanya. Jika ini berlanjut maka akan membahayakan persatuan dan kesatuan bangsa.

Sumpah pemuda adalah salah satu momentum yang diperingati setiap tahun setiap tanggal 28 Oktober disetiap tahunnya. Sumpah pemuda tercipta pada 91 tahun lalu saat para putra dan putri Indonesia bersumpah dan berjanji untuk bersatu dengan mengikrarkan sumpah

“Pertama:
Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kedoea:
Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Ketiga:
Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.”

Sumpah itu sebagai wujud semangat berjuang dan kristalisasi jiwa para pemuda untuk berjuang dan menyatukan seluruh Indonesia menjadi negara yang merdeka. Pada tahun 1959 setiap tanggal 28 Oktober diperingati sebagai hari sumpah pemuda dengan dikeluarkannya Kepres. No. 316 Tahun 1959.

Perjuangan para pendahulu bukanlah hal yang mudah sehingga untuk mengingat dan mengobarkan semangatnya selalu diperingati setiap tahunnya. Berbagai kegiatan dilakukan demi mengingat kembali perjuangan dalam sumpah pemuda.  Semangat ini harus selalu direkonstruksi agar generasi muda tak lupa bahwa ada perjuangan yang luar biasa sebelum Indonesia merdeka.

Menyikapi tantangan masa depan
Tantangan yang dihadapi oleh generasi yang akan datang tidaklah enteng karena perkembangan teknologi bak mata pedang yang dapat memberikan efek positif dan efek negatif. Setidaknya ada 4 hal yang harus dipersiapkan oleh generasi muda dimasa yang akan datang.

Pertama, kesiapan akan perubahan. Perubahan adalah sebuah keniscayaan yang pasti kan terjadi. Baik perubahan yang kearah positif maupun negatif. Wejangan orang jawa bilang “ aja gumunan, aja kagetan” yang artinya jangan heran dan jangan kaget dengan perubahan. Yang perlu dilakukan adalah menguasai perubahan itu.

Kedua, percaya diri. Dahulu para pejuang dengan percaya diri yang luar biasa memberanikan mengucap sumpah pemuda. Padahal pada masa itu setiap daerah masih memiliki organisasi yang berdiri sendiri. Mereka masih terpisah diberbagai daerah tanpa adanya alat komunikasi yang memadai seperti sekarang ini. Dengan semangat dan percaya diri yang kuat akhirnya mereka mampu untuk mempelopori persatuan di Indonesia.

Ketiga, masa depan bangsa ada ditangan generasi muda. Nasib bangsa Indonesia dimasa yang akan datang terletak ditangan para generasi muda. Generasi muda harus memiliki rasa memiliki dan menjaga keutuhan bangsa ini. Jangan sampai perjuangan bangsa dinodai oleh noktah-noktah segelintir generasi muda yang tak bertanggungjawab.

Keempat, berpandangan luas. Perkembangan zaman dimasa yang akan datang tak lagi terhalang jarak dan waktu. Dengan hal itu maka generasi muda harus memiliki pandangan yang luas untuk memajukan Indonesia. Jadilah generasi yang bisa berkontribusi kepada bangsa bukan hanya mengkritik tanpa solusi dan peran.

Keempat hal itu dapat terwujud ketika generasi muda dipersiapkan dan dibangun pola pikirnya untuk memanfaatkan perkembangan teknologi dengan bijaksana. Kemampuan berpikir ini merupakan sebuah proses panjang yang harus dipupuk sejak dini karena perubahan itu pasti terjadi dan siap tidak siap akan dialami.



PENGIRIM:
DONY PURNOMO
ALAMAT: JANGKUNG RT04/01 SENDANG PURWANTORO WONOGIRI JAWA TENGAH

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MEREKONSTRUKSI SEMANGAT SUMPAH PEMUDA DI ERA SOCIETY 5.O"

Post a Comment