AGBSI Jawa Barat dan Forum TBM Jawa Barat Siap Bersinergi





Bandung – Guneman.“Kita harus bangga karena AGBSI merupakan organisasi profesi guru yang dikelola semuanya oleh guru,” ujar Ketua AGBSI (Asosiasi Guru dan Bahasa Seluruh Indonesia), Jajang Priatna. Perlahan tapi pasti, AGBSI semakin menancapkan eksistensinya sebagai organisasi guru yang profesional.

Tanggal 28 November 2019, DPP AGBSI melantik 70 orang guru-guru Bahasa dan Sastra Indonesia baik setingkat SMP, SMA, maupun SMK sebagai pengurus DPW AGBSI Provinsi Jawa Barat.

Prosesi pengukuhan pengurus AGBSI Provinsi Jawa Barat sendiri disaksikan oleh pejabat Balai Bahasa Jawa Barat dan Pengurus Forum Taman Bacaan Masyarakat Provinsi Jawa Barat. Dua organisasi yang kian berkembang tersebut digabung dalam acara Gerakan Literasi Nasional (GLN) yang digagas Balai Bahasa Jawa Barat di Hotel Fox Harris City Centre Bandung (28/11).

“Kami berharap menjadi wadah terbaik bagi guru-guru bahasa Indonesia di Provinsi Jabar untuk mengaspirasikan kreativitasnya. Kami tentu berharap, para guru bahasa Indonesia menjadi garda terdepan dalam mengantarkan anak-anak didik milenial dalam menajamkan potensinya.” Ujar Susanto, ketua DPW AGBSI Jawa Barat.

Selain itu, ketua DPW AGBSI terpilih, mengungkapkan keinginannya dalam meningkatkan kualitas literasi generasi mendatang jelang tantangan PISA mendatang.

“Untuk itu kami memohon sinergi yang dinamis dengan stakeholders lain seperti halnya dengan Forum Taman Bacaan Masyarakat Prov. Jawa Barat.”

Seumpama gayung bersambut, FTBM Jawa Barat siap bersinergi dengan organisasi AGBSI untuk merintis dan memetakan jalan gerakan literasi nasional.

“Semoga program keduanya bisa saling berkaitan.” Ujar Umi Aam Siti Aminah, selaku Kepala Bidang Organisasi FTBM Jawa Barat

Dalam kegiatan tersebut pula, peserta yang hadir diajak untuk praktik menulis prosa yang dibimbing langsung oleh Penulis Kawakan GolAgong. Nantinya, kegiatan ini bisa dijadikan praktik baik secara langsung ke siswa di sekolah maupun masyarakat pemerhati literasi. *Panji Pratama*

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "AGBSI Jawa Barat dan Forum TBM Jawa Barat Siap Bersinergi"

Post a Comment