Berkemas Cerdas, Pelatihan Tuntas

oleh: Dinda Lesmanawati
(Guru SMP Negeri 3 Padalarang)

Sebagai tenaga pendidik, kita sering diberi tugas untuk pelatihan. Tujuannya, agar wawasan menjadi lebih luas, kemampuan  diasah, dan pergaulan pun bertambah. Namun dibalik itu, ada hal kecil yang kadang kita hiraukan, yaitu cara berkemas dengan efisien.

Efisiensi akan memudahkan kita dalam pengaturan baju dan perlengkapan lainnya sehingga  tidak terlalu repot dengan barang bawaan.

Mari kita simak beberapa tips yang akan membantu kita berkemas. Pertama, setelah mengetahui berapa lama  menginap dan di mana akan tinggal sementara.  Pilihlah tas yang cocok untuk memenuhi kebutuhan.

Kemudian, pilihlah baju dengan bahan yang tidak cepat kusut. Gulung baju-baju tersebut.
Jangan dilipat. Ikat gulungan baju tersebut dengan karet.

Usahakan  menyimpan baju yang akan pertama kali dipakai di tumpukan paling atas. Selanjutnya, masukkan sepatu dalam kantong plastik dan simpan di paling dasar tas.

Jangan lupa masukkan benda-benda kecil, seperti handbody atau cadangan obat-obatan di dalam sepatu tersebut. Hal ini untuk menghemat tempat penyimpanan.

Tips selanjutnya adalah simpan peralatan mandi dan kosmetik di tas kecil transparan. Maksudnya, agar kita tidak mengacak-acak nya ketika membutuhkan sesuatu.

Selain itu, simpan benda-benda kecil dari gelas, seperti parfum atau botol kosmetik, di dalam kaos kaki agar aman dari bantingan. Untuk kabel, carjer, atau perhiasan, bisa menggunakan wadah kacamata bekas agar benda-benda tersebut tidak tercecer.

Biasakan untuk membawa beberapa kantong plastik kosong untuk menyimpan baju kotor atau basah. Bawa satu kantong yang bisa dilipat untuk tempat menyimpan oleh-oleh atau sebagai tas cadangan.

Terakhir, gantungkan baju secepatnya setelah sampai di tempat penginapan agar  tetap rapih tanpa setrika.

Demikianlah, cara berkemas dengan cerdas untuk menghindari penumpukan barang yang tidak perlu. Sehingga kita bisa berkonsentrasi mengikuti pelatihan sampai tuntas.
Semangat terus, ya!


Editor:
Mardiah Alkaff

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berkemas Cerdas, Pelatihan Tuntas"

Post a Comment