GERAKAN PEDULI LITERASI TELKOM REGIONAL 3 JABAR DI PONDOK PESANTREN AL ‘IZZ SUKABUMI




Guneman-Sukabumi, Rabu 20 November 2019. “Mau jadi generasi yang unggul? Ayo membaca!” ungkapan ini terpampang dengan jelas melatari semarak gerakan literasi yang diselenggarakan oleh Forum Silaturahmi Istri Karyawan Telkom (Forsikatel) Group Regional 3 Jawa Barat dan Wilayah Telekomunikasi  (Witel) Sukabumi di Pondok Pesantren Al-‘Izz Goalpara Sukabumi.

Suasana di Kota Santri menyambut kedatangan Ketua Forsikatel, GM Witel Sukabumi, serta rombongan. Sambutan ramah para santri dilanjutkan dengan sajian pencak silat yang menunjukkan ketangkasan dan kesigapan generasi muda dalam menghadapi berbagai tantangan.



Selanjutnya, rombongan diarahkan menuju aula untuk mengikuti acara inti yaitu “Donasi Buku dan Donasi Fasilitas untuk Pusat Literasi.”  Suasana semangat pagi dan semangat berliterasi mewarnai rangkaian acara yang sarat makna ini. Para pemberi sambutan: Ketua Forsikatel Group Regional 3 Jawa Barat (Ibu Nenden-Ponco), GM Witel Sukabumi (Bapak Ferry Zuljanna, serta K.H. Arif Budiawan Islamy menyampaikan motivasi dan inspirasi agar semua yang hadir meningkatkan budaya membaca. “Semangat pagi” dikobarkan untuk menjadikan membaca sebagai pembuka cakrawala agar dunia dan akhirat selalu dalam genggaman. Di sela-sela acara formal, siswa dan siswi yang memiliki prestasi istimewa mulai tingkat kabupaten hingga provinsi menambah publikasi bahwa pembinaan yang diberikan kepada seluruh siswa baik tingkat SD, SMP, maupun SMA di pesantren ini cukup optimal.

Sejumlah 527 buku diserahkan dari Forsikatel Group. Tak ketinggalan, GM Witel Sukabumi pun menyerahkan sarana untuk memfasilitasi pusat litersi berupa karpet, rak buku, serta slogan-slogan yang siap diliterasi di ruang-ruang publik. Bukan hanya itu, sebagai bentuk apresiasi dari Telkom group seluruh civitas di Pondok Pesantren Al ‘Izz mendapatkan bingkisan yang diharapkan bermanfaat dan menambah motivasi berliterasi bagi mereka.

Usai acara inti, secara santun seluruh santri mengucapkan terimakasih dengan menyalami para tamu yang telah memberikandonasi. Suasana ini menunjukkan bahwa pembiasaan akhlak mulia di Pondok Pesantren ini sungguh luar biasa.

Ketua Forsikatel Group Regional 3 beserta rombongan didampingi GM Witel Sukabumi beserta Ketua Forsikatel Sukabumi mengakhiri acara dengan meninjau pusat literasi. Akltivitas berliterasi siswa SD Plus Al ‘Izz menjadi pemandangan indah di ruangan ini. Obrolan dan sapaan akrab para pengurus Forsikatel dengan anak-anak yang masih belia di ruangan ini menjadikan suasana di pusat literasi bagaikan penyalaan api semangat berliterasi agar tak pernah berhenti.

Sosialisasi Pohon Literasi disampaikan oleh salah seorang anggota Forsikatel yang juga Pegiat Literasi (IbuRatna-Misbah) menyambut kedatangan rombongan. Mulai dari GM Witel Sukabumi (Bapak Ferry Zuljanna), Pimpinan Pondok Pesantren Al ‘Izz (K.H. Arif Budiawan Islamy),  Ketua Forsikatel Regional 3 Jabar (Ibu Nenden-Ponco) beserta staf, Ketua Forsikatel Sukabumi (Ibu Adithyarini-Ferry), serta pengunjung lainnya tampak antusias merindangkan pohon literasi. Tujuan kegiatan ini untuk memotivasi semangat membaca di Pondok Pesantren Al-‘Izz agar pohon yang tumbuh semakin subur dan tumbuh lagi pohon-pohon lain karena jumlah buku yang banyak selalu diimbangi dengan pembacanya yang banyak pula.


Gerakan peduli literasi bukan sekedar beraksi untuk bahan publikasi, namun menjadi amanah agar Indonesia memiliki generasi unggul yang literat dan bermartabat. Semoga kepedulian Telkom terhadap literasi generasi negeri  bisa menginspirasi pihak lain untuk menyukseskan program Gerakan Literasi Nasional (Ratna Muda Ningrum-Guneman).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "GERAKAN PEDULI LITERASI TELKOM REGIONAL 3 JABAR DI PONDOK PESANTREN AL ‘IZZ SUKABUMI"

Post a Comment