HUT PGRI dan HGN Kabupaten Kuningan 2019


BUPATI KUNINGAN HADIRI PUNCAK HUT PGRI DAN HGN



Guneman-Senin (25/11/2019). PGRI Kab. Kuningan melaksanakan Puncak Acara HUT PGRI Ke-74 dan HGN 2019 di Mayang Convention Centre Kab. Kuningan,. Terpampang spanduk besar di panggung bertuliskan, “Kuatkan PGRI Smart Mandiri dalam Mendukung Kuningan MAJU (Makmur, Agamis, dan Pinunjul) Berbasis Desa Tahun 2023”. Tema HUT PGRI dan HGN 2019 menjadi cita-cita organisasi guru yang beranggotakan 13 ribu se-Kabupaten Kuningan.

Ketua PGRI, H. Pipin Mansur Aripin, S. Pd., M. Pd. mengatakan; “Kemajuan pendidikan didukung 3 pilar, yaitu pendidikan keluarga, formal, dan masyarakat. Keluarga merupakan pondasi utama. Posisi Ibu dalam keluarga merupakan sekolah pertama. Pada kesempatan itu, Pak Pipin mengundang Ibu kandungnya berada di tengah-tengah acara, agar Sang Ibu mengetahui sepak terjang anaknya.

Lebih lanjut, Pak Pipin mengatakan bahwa pendidikan formal, satu dari 3 pilar yang  mengantarkan anak mendapatkan pendidikan. Selain mencapai kompetensi, melalui pendidikan formal, seorang anak akan memperoleh ijazah sebagai bukti kelulusan. Masyarakat merupakan ujung tombak yang sangat diharapkan perannya untuk kemajuan pendidikan. Masyarakat memiliki peranan penting terhadap usaha memajukan pendidikan di Kab. Kuningan.

Pak Pipin juga menyampaikan bahwa ke depan PGRI akan mendirikan Perguruan Tinggi di bawah naungan PGRI. Hal ini didasarkan karena banyaknya guru yang memperoleh gelar magister dan doktor secara linier sehingga layak mengajar di perguruan tinggi. Alasan lainnya kebutuhan lulusan di beberapa bidang belum terakomodir perguruan tinggi yang ada saat ini di Kab. Kuningan.

Ketua PGRI Kab. Kuningan juga berpendapat bahwa kemitraan PGRI dengan segala unsur akan memperkuat sinergisitas dunia pendidikan. Partisipasi seluruh unsur akan memudahkan ketercapaian Kuningan sebagai Kabupaten Pendidikan. Kehadiran 4 tokoh utama sebagai bentuk kecintaan dan dukungan antara guru dan Pemerintah Daerah; Bupati (H. Acep Purnama, SH., MH.),  Wakil Bupati (H. M. Ridho Suganda, SH., M.Si.), Bunda Literasi (HJ. Ika Acep Purnama, SE.), dan Ibu Wakil Bupati (Hj. Yoan Ridho Suganda, SH.). Pada kesempatan itu, hadir pula Sekda (Dr. H. Dian Rahmat Yanuar, M.Si.), Plt. Disdikbud (Drs. H. Maman Hermansyah, M.Si.), Kajari (L. Tedjo Sunarno, SH., M. Hum.), dan pejabat lainnya.    

Bupati Kuningan mengapresiasi program PGRI. Beliau juga mendukung penggalakan program literasi di seluruh wilayah Kab. Kuningan. Menurutnya, melalui membaca akan banyak mengenal apa saja dari hasil bacaan. Beliau mendukung segala bentuk kemitraan untuk kemajuan pendidikan termasuk dengan perguruan tinggi. Menurutnya, dosen adalah sama dengan guru, yang membedakan adalah istilah dan subyek belajarnya. Selanjutnya beliau mengatakan fasilitas yang mendukung kenyamanan belajar menjadi hal penting membantu peningkatan kualitas pendidikan, untuk itu beliau memprogramkan fasilitas AC untuk sekolah-sekolah di Wilayah Timur Kuningan.  



Sekitar enam ratus undangan memenuhi gedung yang bernuansa semi terbuka. Ketua Panitia, H. Entan, S. Pd., M.M. mempersiapkan segalanya dengan apik. Ibu Ida Nurhaeda, M. Pd. dkk mengatur acara dengan sangat beragam. Pagi menjelang siang begitu meriah dengan padatnya acara mulai dari penampilan seni para siswa dan guru, sambutan-sambutan, termasuk pemberian hadiah para juara lomba. Teragendakan pula launching buku dari komunitas pegiat literasi Guru Menulis yang terdiri dari guru, kepala sekolah, dan FTBM.



Beragam pementasan; paduan suara, angklung, Tari Sunda, saxophone, nyanyi dan puisi. Penampilan yang memukau oleh siswa TK PGRI Cidahu yang meraih juara ke dua lomba bercerita di Tingkat Provinsi Jawa Barat. Penampilan seni yang terakhir adalah pembacaan puisi oleh guru SMP, Kepala sekolah, dan guru SMA. Salah seorang pembaca puisi, Bapak Ridha Jaya Bhuana sungguh memukau membacakan puisi berjudul “Guru Jati Diriku” karya Saiful Amri. Acara ditutup dengan pembagian hadiah lomba-lomba yang telah dilaksanakan sejak tanggal 12 s.d. 23 November 2019.
(Saiful Amri, M. Pd.-guru SMPN 2 Cimahi, Kuningan).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "HUT PGRI dan HGN Kabupaten Kuningan 2019"

Post a Comment