KABID PEMBINAAN SMP KUNINGAN MENUTUP PKP



Guneman. Kuningan (19/11) Dra. Hj. Sri Sunarsih, M. Pd., Kabid Pembinaan SMP Disdikbud Kab. Kuningan menutup PKP (Peningkatan Kompetensi Pembelajaran) Gugus Luragung. Penutupan dilaksanakan di SMP Negeri 1 Luragung sebagai PB (Pusat Belajar). Di PB ini terdapat 5 Mapel (Mata Pelajaran), Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, IPA, TIK, dan Penjasorkes. Masih dalam Zonasi Gugus Luragung, di PB SMPN 2 Cibeureum terdapat 2 Mapel, Matematika dan Seni Budaya.

Kegiatan PKB (Program Keprofesian Berkelanjutan) melalui PKP berbasis zonasi telah dilaksanakan sejak 06 Oktober 2019, ditutup pada tanggal 09 Nopember 2019, dan posttest dilaksanakan pada tanggal 17 Nopember 2019. Kegiatan dilaksanakan dalam 5 IN dan 3 ON. Pelaksanaan IN di PB masing-masing sedangkan ON di sekolah masing-masing. GI (Guru Inti) setiap mapel secara sabar membimbing para GS (Guru Sasaran) yang rata-rata berjumlah 20 orang per mapel. Materi diklat (Pendidikan dan Latihan) PKP meliputi pembelajaran berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skill), PPK (Penguatan Pendidikan Karakter), dan materi profesi dalam 2 unit. Kegiatan dilaksanakan secara tatap muka dan online dengan metode presentasi, diskusi, tanya jawab, dan penugasa.

 Pada kesempatan itu, Ibu Kabid didampingi oleh kepala SMPN 1 dan 2 Luragung, serta SMPN 2 Cimahi. Ibu Kabid yang akrab dipanggil Ibu Sri menyampaikan bahwa para guru harus siap masuk Era Revolusi Industri 4.0. Menurutnya di negara lain sudah masuk Revolusi Industri 5.0 bahkan di Jepang sudah masuk Revolusi Industri 7.0. di era ini, fasilitas pembelajaran berbasis teknologi menjadi tantangan para guru dalam rangka melayani peserta didik agar mampu bersaing secara global. 

Lebih lanjut, Ibu yang memiliki program GESS1T (Gerakan Satu Sekolah 1 Talent) ini menyampaikan bahwa pembelajaran berorientasi HOTS dan pembiasaan PPK menjadi ciri aktivitas kegiatan PKP. Berpikir tingkat tinggi dan pembiasaan karakter menjadi sangat dalam pendidikan. Tujuan dari kegiatan ini adalah pembinaan kompetensi para guru yang dapat berimbas kepada peningkatan hasil UN (Ujian Nasional). Pada akhirnya, hasil diklat PKP diharapkan memberikan pengaruh positif bagi kemajuan pendidikan di Kabupaten Kuningan. (Saiful Amri, M. Pd. guru Bahasa Inggris SMPN 2 Cimahi, Kuningan)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KABID PEMBINAAN SMP KUNINGAN MENUTUP PKP"

Post a Comment