LITERASI AKBAR KABUPATEN KUNINGAN


DEKLARASI DALAM LITERASI AKBAR KABUPATEN KUNINGAN


Guneman-Minggu (17/11/2019) bertempat di ruas Jalan Siliwangi, Kuningan, Jawa Barat dilaksanakan Literasi Akbar. Kegiatan ini digagas oleh PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) Kabupaten Kuningan bersinergi dengan Pemda, Disdikbud, Disarsipus, Polres, Kodim 0615, Kejaksaan Negeri, dan instansi terkait lainnya. Acara diisi dengan membaca senyap bersama oleh siswa TK, SD, SMP, SMA, SMK di sekitar Kota Kuningan, guru-guru dan kepala sekolah dari 32 kecamatan di Kabupaten Kuningan. Kegiatan selanjutnya presentasi isi bacaan oleh perwakilan siswa di zona 3 dan perwakilan guru di zona lainnya.


Kegiatan tersebut dibagi dalam 5 zona mulai dari Bundaran Cijoho hingga Taman Kota Kuningan. Lokasi tersebut biasa digunakan sebagai area CFD (Car Free Day) di setiap hari Minggu Pagi. Zona 1, 2, 4, dan 5 dipenuhi oleh guru-guru dari beberapa kecamatan yang lokasinya agak jauh dengan Kota Kuningan. Sedangkan zona 3 dipenuhi oleh siswa dan guru sekitar Kota Kuningan agar para guru dapat mendampingi siswanya. Zona 3 diposisikan di depan Pendopo Kabupaten Kuningan di mana para tamu undangan berada.



Deklarasi bersama seluruh unsur terkait merupakan acara penting dalam rangka  menyukseskan GLN (Gerakan Literasi Nasional) di Kabupaten Kuningan. Ketua PGRI Kabupaten Kuningan, H. Pipin Mansyur Aripin mengatakan keberhasilan GLN didukung oleh GLS (Gerakan Literasi Sekolah), literasi keluarga, literasi masyarakat dalam rangka pembelajaran sepanjang hayat sebagai upaya peningkatan kualitas hidup. Menurutnya, meningkatkan minat baca dan menurunkan buta aksara merupakan komitmen bersama.


Literasi Akbar dibuka oleh Wabup, H. M. Ridho Suganda. Beliau mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai wahana memberikan waktu bersama-sama membaca. Pak Ridho berharap Literasi Akbar menjadi spirit tumbuhnya budaya gemar membaca, rajin belajar, dan giat berkarya di Kabupaten Kuningan. Beliau menyampaikan bahwa seluruh guru dan peserta didik tidak hanya memiliki kemauan dalam literasi calistung namun melek IPTEK, keuangan, budaya, kewarganegaraan, berpikir kritis, dan peka terhadap lingkungan sekitar sehingga literasi menjadi bekal kehidupan yang berkualitas dan bermartabat. Lebih lanjut, Pak Wabup mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai wujud dukungan dan sinergisitas antara Pemerintah Daerah dan PGRI Kuningan dalam menuju Kuningan sebagai Kabupaten Pendidikan.


Motivasi yang disampaikan oleh Bunda Literasi Kabupaten Kuningan, Hj. Ika Acep Purnama akan membangkitkan semangat berliterasi di Kota Kuda Putih itu. Acara ditutup dengan donasi buku oleh 11 penulis Kabupaten Kuningan mulai dari siswa SD, SMP, SMA, guru SD, SMP, dan SMA serta TU yang merupakan perwakilan dari para penulis di Kabupaten Kuningan. Donasi buku tersebut diterima oleh para pejabat, Wabup, Bunda Literasi, Kadisdikbud, Kadisarsipus kemudian disumbangkan ke FTBM (Forum Taman Baca Masyarakat) di Kabupaten Kuningan. Selanjutnya donasi buku diikuti oleh para siswa dan guru melalui wadah kotak donasi yang telah disiapkan oleh panitia. 
(Saiful Amri-guru SMPN 2 Cimahi).





Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "LITERASI AKBAR KABUPATEN KUNINGAN"