MENUMBUHKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI MAULID NABI MUHAMMAD SAW



Guneman-Spendaci MAHI (SMP 2 Cimahi Mandiri Amanah Humanis Inovatif) melaksanakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Kegiatan dilaksanakkan di sekolah pada Jumat, 22 November 2019. Para siswa Kelas 7 s.d. 9, guru, dan Tenaga Adminstrasi mengikuti acara yang mulia ini.
    
Acara dibuka oleh Bapak Kepala Sekolah, Holil, S. Pd. Dalam smbutannya, Pak Holil berpesan agar kita mampu mengambil hikmah dari peringatan ini. Beliau juga meminta kepada siswa agar mencatat apa yang didengarnya dari penceramah. Kemampuan mencatat hikmah ceramah dalam rangka pembiasaan literasi.

Maulid bertambah meriah dengan kehadiran mubalig lokal yang sangat terkenal, KH. Oban Sobani, S. Ag., M.Si. Beliau pemilik pesantren Bani Muhyar yang berlokasi di Desa Sukamaju, Cibingbin, Kuningan. Dalam ceramahnya yang sering diselingi humor itu, beliau berpesan bahwa jika para siswa ingin mendapat syafaat di Hari Kiamat, maka harus menjalankan 3 hal; (1) tidak durhaka kepada orang tua, (2). menjalankan sunnah Nabi Muhammad SAW, dan (3) menjawab salam ketika disebut nama Nabi Muhammad SAW.


Lebih lanjut, inti ceramah Pak Haji Oban yaitu bahwa orang tua adalah orang yang wajib dihormati dan dipatuhi. Janganlah kita menjadi orang yang durhaka kepadanya. Salat berjamaah merupakan sunnah Nabi Muhammad SAW yang patut diteladani. Menjawab salam ketika nama Nabi Muhammad SAW disebut merupakan bentuk penghormatan dan salah satu jalan mencari syafaat.


Kegiatan maulid Nabi Muhammad SAW diselenggarakan oleh OSIS SMPN 2 Cimahi. Tim guru PAI, Bapak H. Carwan dan Ibu Sawitri Restiningrum membimbing para petugas. Beberapa siswa terampil mengisi acara, MC, saritilawah, dan acara lainnya. (Saiful Amri, M.Pd. Guru SMPN 2 Cimahi, Kuningan).
  

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MENUMBUHKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI MAULID NABI MUHAMMAD SAW "

Post a Comment