Pergaulan Remaja Zaman Now


 oleh Eva Vitariani, A.Md.Par 
(Mahasiswi Penmas IKIP Siliwangi 2019)

Kita bisa melihat,  baik di sosial media ataupun fakta yang terjadi sehari-hari di lingkungan tempat tinggal.  Banyak remaja terlibat pergaulan bebas. Ya, pergaulan remaja sekarang memang memang bikin mengelus dada. 

Kalo dulu saat pacaran takut pegangan tangan. Sekarang,  remaja tanpa segan dan malu berani mencium pasangannya di depan umum.  Bukan rahasia umum lagi kalau banyak remaja melakukan hal-hal yang semestinya hanya boleh dilakukan ketika sudah menikah. 

Coba kita lihat apa saja fakta miris yang terjadi pada remaja kita saat ini:

1. Rata rata remaja Indonesia melepas keperawanan mereka di umur 19 tahun.  Hal ini diketahui melalui survey yang  dilakukan oleh Durex Face of Global. Kalo dibandingkan dengan negara tetangga, seperti Singapura dan Malaysia.  Remaja d isana melepas keperawanan  di usia 22 dan 23 tahun.

2. Sebanyak 62,7 persen remaja sudah pernah bercinta. Percaya atau tidak ternyata separuh remaja Indonesia pernah bercinta, ini diketahui dari KPA ( Komisi Perlindungan Anak)

3. Sepertiga kasus aborsi di Indonesia dilakukan oleh remaja. Pergaulan bebas menciptakan fenomena yang disebut KTD atau kehamilan yang tidak diinginkan yang berujung pada aborsi. Menurut sebuah organisasi   "Kita Sayang Remaja" ( Kisara) hasilnya,  pertahun di Indonesia ada sekitar 2,3 juta kasus aborsi.  Pelakunya 30 persen adalah remaja putri. 

Coba kita lihat, mengapa semua ini bisa terjadi? Salah satu penyebabnya adalah kebebasan berperilaku dan tidak adanya kontrol dari keluarga masyarakat maupun negara. 

Padahal di dalam Islam sudah jelas aturan pergaulan antara laki laki dan perempuan adalah sebagai berikut:

1. Larangan khalwat berdasarkan hadis Rasulullah " Janganlah seorang pria berkhalwat dengan seorang wanita tanpa disertai mahrom karena sesungguhnya yang ketiga adalah setan"

2. Larangan tabaruj sesuai dengan firman Allah didalam surat An-Nur ayat 60

3. Larangan membuka aurat di hadapan pria asing,  sesuai dengan firman Allah yang ada di dalam surat An-Nur ayat 31.

Jadi jelaslah sebagian gambaran remaja saat ini. Sungguh berbeda dengan remaja ketika di masa Rasullullah, yang berhasil melahirkan generasi generasi muda  cemerlang yang memiliki jiwa pejuang. Seperti Al-Fatih yang menjadi seorang panglima perang di usia yang masih sangat muda.

Itulah sisi buruk pergaulan remaja zaman now.  Walau tidak menutup mata.  Dengan kemajuana internet,  masih banyak remaja yang berusaha untuk berkarya dan berinovasi menggapai mimpi. 

Jadi, tugas guru dan orang tualah yang harus mendampingi remaja agar mereka bisa memilih jalan terbaik dan positif.  Terhindar dari pergaulan bebas yang akan membuat masa depan hancur. 

Selamat menjadi pendamping remaja
yang cerdas.


Penyunting
Mardiah Alkaff

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pergaulan Remaja Zaman Now"

Post a Comment