Dra. Enung Titin Agustikawati, M.M, Kepala Sekolah Berprestasi Jawa Barat


GUNEMAN, Sumedang. Lagi-lagi Sumedang menjebolkan Sang juara 1 Tingkat Jawa Barat tahun ini. Dra. Enung Titin Agustikawati, M.M adalah Kepala SMPN 1 Cimalaka Kabupaten Sumedang. Setelah Juara pertama  Kepala Sekolah  Berprestasi pada tahun 2016 kemudian dilanjutkan ke tingkat Provinsi, mendapat juara harapan 1 . Kini di tahun 2019 dari juara 1 Tingkat Kabupaten berhasil menjadi juara pertama Tingkat Jawa Barat.

Berkat kesadaran yang tinggi dan semangatnya yang tak pernah pudar semua tahapan persiapan perlombaan diikuti. Persiapan mengikuti lomba  banyak diantaranya membuat fortofolio, Video Sucses Story. Fortofolio yang dikumpulkan selama dua tahun terakhir saja. Pada saat lomba ada tiga kegiatan yaitu; Tes Tertulis, Presentasi Best Practise dan wawancara. Begitu kata Enung, sambil selalu senyum ramah menyambut wawancara Guneman.
 Materi wawancara yang disampaikannya adalah tentang  wawasan kependidikan ditambah denganTugas pokok dan fungsi Kepala Sekolah tentunya. Kiat-kiat yang dilakukan harus banyak membaca, dan rajin menulis. Rupanya Sang Juara ini penulis juga.  Penyelenggaraan sudah baik dan sesuai dgn Juknis Nasional. Untuk para Kepala Sekolah, ajang ini bagus untuk dijadikan alat ukur sejauh mana kinerja kita sebagai Kepala Sekolah. Kata Enung yang delapan tahun dipercaya, diberi amanah untuk menjadi seorang pemimpin. Di setiap tempat/instansi yang di pimpinnya,  selalu berusaha memimpin dengan HATI. Dari Hati ke hati, dengan sangat hati-hati, supaya bisa SEHATI.

“Sekolah saya ibaratkan sebuah perahu, jika para awak perahu dapat mendayung searah, sejalan maka perahu akan mencapai tujuan dengan selamat. Sebagian saja mendayung berbeda arah maka sampai kapan pun perahu tidak akan sampai di haluan. Bisa jalan ditempat  muter, atau bahkan tenggelam. Untuk dapat mendayung searah maka HATI nya pun harus searah. Jika Hati semua warga sudah sama, maka visi misi akan mudah tercapai.

Mempengaruhi, menggerakkan,mengembangkan dan memberdayakan seluruh warga tidak akan terlalu sulit. Hati adalah kuncinya. Semua akan berjalan dengan senang hati. Menjadikan sekolah sebagai rumah kedua. Betah, tumaninah, akan sangat berpengaruh pada kinerja. Demikian uraiannya pada Guneman saat dihubungi.
Dalam kepemimpinannya punya Prinsip lain, yaitu berusaha untuk tidak menyuruh tapi mengajak. Kepala Sekola harus terlibat langsung jangan "bentik curuk balas nunjuk capetang balas miwarang".
Katanya.

 Kreativitas akan muncul dari Hati yg bersih. Hati yang tulus atas dasar dari kesadaran. Siapa dan bagaimana kita. Demikian uraian yang bermakna dari Sang Juara1 Tingkat Provinsi Jawa barat  Kepala Sekolah Berprestasi 2019 benar-benar layak untuk dicontoh. Akhirnya Guneman undur diri dan memohon doa dari semua semoga bisa membawa Jabar jadi juara. *** EEM ROHAEMI KOSWARA/GUNEMAN.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dra. Enung Titin Agustikawati, M.M, Kepala Sekolah Berprestasi Jawa Barat"

Post a Comment