MEMACU SEMUA BERLARI


Profil Kepala SMKN 1 Sumedang

Dra.Elis Herawati, M.Pd. Kepala SMKN 1 Sumedang dan Ketua AKSI Kab. Sumedang.

GUNEMAN, Sumedang- Dra. Elis Herawati, M.Pd., sebelumnya sudah berkali-kali dimuat dalam liputan khusus Profil Kepala Sekolah di media cetak.  Beliau Kepala Sekolah di SMK Negeri 1 Sumedang yang baru mulai 12 Juni 2018. Sebelumnya memangku jabatan sebagai Kepala Sekolah di SMK N Situraja Sumedang selama lima tahun, tertanggal 31 Agustus 2013 s.d. 11 Juni 2018. Beliau meniti karir dari mulai menjadi Guru Produktif Standar Kompetensi Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Korpri Sumedang tahun 1993-2013 dan juga mendapat tugas sebagai Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum, Kesiswaan, Hubinmas.

Dengan kehadirannya di SMKN 1 Sumedang, beliau merubah dengan cepat wajah sekolah dan mewujudkan taman depan kelas terlihat lebih asri. Mengubah keadaan gersang menjadi hijau. Di depan kelas tertata pot bunga yang rindang. Kelas kotor jadi bersih dengan perhatian saksama. Pemimpin wanita yang  baru ini, belum genap setahun menata lingkungan tata kerja dan lain-lain. Semua dibenahi dengan berani dan semangat luar biasa. Beliau mampu memimpin dengan berlari menuju SMK yang maju berkualitas.

Kegiatan yang menambah kualitas/profesionalitas guru-gurunya diselenggarakan dengan serius. Termasuk mengursuskan bahasa Inggris kepada 8 guru dan 32 siswa sebagai duta bahasa Inggris di lingkungan sekolah. Tujuannya agar berstandar internasional karena hubungan alumni SMK seringkali go international. Seperti kegiatan di sekolah sebelumnya, Elis yang energik melakukan MoU dengan 21 SMK di Thailand. Kini dilakukannya juga untuk SMKN 1 Sumedang. MoU untuk pertukaran guru dan pelajar dalam rangka memperkenalkan bahasa dan budaya Indonesia terutama budaya Sunda, di antaranya tari. Baru- baru ini telah dilakukan MoU dalam rangka memperluas kerja sama dengan 17 SMK dan 1 perguruan Tinggi di Thailand. Diharapkan bisa terjalin pertukaran pelajar dan guru serta agar dapat kuliah secara gratis di Thailand. Ditambah dengan MoU di Taiwan supaya alumni SMK Negeri 1 Sumedang bisa bekerja dan kuliah di Taiwan.

Semua dibenahi sehingga guru-guru dan siswa memacu prestasi menjadi yang terbaik. Karena segudang prestasi pernah diraihnya seperti menjadi Kepala Sekolah Berprestasi juara ke-1 Tingkat Kabupaten tahun 2016 dan 2017, Kepala Sekolah Berprestasi juara ke-2 Tingkat Provinsi tahun 2018 dan penghargaan serta penganugrahan tokoh perempuan yang berdedikasi di bidang pendidikan versi PWI Kabupaten Sumedang.

“Saya merasa enjoy melaksanakan tugas di SMK Negeri 1 Sumedang,” kata Elis, alumni IKIP (UPI) Bandung jurusan Elektro, S-2 Pendidikan Teknik Kejuruan UPI dan Universitas Tun Hussein On Malaysia, jurusan Vocational Technical Education. Programnya yang luar biasa adalah membenahi manajemen keuangan, fisik (prasarana) yang ada, serta yang paling penting adalah membenahi attitude/softskill guru dan peserta didik. Hal ini terbukti dengan kegiatan rutin dengan dilaksanakan setiap harinya; yaitu salat Duha bersama setiap jam 06.30 WIB sebelum masuk kelas dan berhasil mengantisipasi kedisiplinan agar tidak kesiangan belajar di kelas. Kemudian adanya kegiatan Jumat berbagi yaitu membagikan makanan dan minuman setelah selesai salat Jumat; Membiasakan membaca surat-surat pendek Alquran sebelum belajar; Membacakan Asma Ulhusna bersama-sama sebelum pembacaan doa di upacara bendera hari Senin ; Qurban setiap tahun.

SMK Negeri 1 Sumedang adalah SMK rujukan yang memiliki beberapa sekolah aliansi (sekolah binaan) dan memiliki 11 program keahlian. Elis, dalam ajakannya, selalu menyampaikan,” Hendaklah semua warga SMKN 1 Sumedang menjadi tim yang solid dalam memajukan sekolah.” Beliau berkeyakinan SMKN 1 Sumedang ke depannya bukan hanya besar jumlah, tetapi besar juga kualitasnya. ***

Eem Rohaemi Koswara/GUNEMAN

Subscribe to receive free email updates: