PELATIHAN MENULIS BUKU DI KERTASARI, KABUPATEN BANDUNG


Menyemai Literasi di Kertasari


Kertasari/14-2-2020. Pelatihan menulis yang diketuai Saepul FL, bersama PGRI cabang Kertasari dan penerbit Guneman di GOR Desa Cibeureum, Kertasari memang luar biasa. Pendaftaran pelatihan tersebut, terpaksa harus ditutup siang hari pada tanggal yang telah ditentukan. 


Animo guru-guru Kabupaten Bandung begitu besar untuk mengikuti pelatihan menulis tersebut. Target peserta yang semula hanya 100, membengkak menjadi 200 lebih. Terpaksa tempat harus dipindahkan dari aula kecamatan ke GOR Desa Cibeureum, Kertasari agar bisa menampung semua peserta. Acara tersebut dihadiri pula oleh Ketua PGRI cabang Kertasari, unsur Muspika Kecamatan Kertasari, dan Kepala Desa Cibeureum. Sesi pertama pada pelatihan, dibuka dengan informasi LRCKB oleh pasangan handal Bu Haji Euis Hasanah dan Bu Lilis Latifah.



Sesi kedua dan ketiga narasumber andalan Guneman Kang Oesep Kurniadi dan Kang Ésép Muhammad Zaini memberikan ilmu tentang penerbitan buku dan penulisan artikel dengan gamblang.
Sesi ketiga dilaksanakan setelah kegiatan insama, peserta masih tetap tidak beranjak. Materi fikmin (fiksi mini) basa Sunda yang diberikan oleh Rudi Riadi memang menarik. Moderator Saepul FL berhasil menghangatkan suasana GOR yang pada waktu itu diguyur hujan.
Setelah peserta mendapat materi tentang fikmin, semua peserta diberi waktu 32 menit untuk membuat fiksi mini sendiri berdasarkan pengalaman. Ruangan hening, karena semua peserta mencurahkan pengalamannya dalam bentuk tulisan.


Yang paling menarik adalah ketika peserta satu per satu membacakan hasil tulisannya ke depan. Cerita mereka memang luar biasa, membuat suasana gedung riuh oleh tepuk tangan, gelak tawa, atau celotehan komentar terhadap fikmin yang dibacakan.
Pelatihan ditutup tepat pukul 15.00 dan akan dilanjut dengan pendampingan menulis lewat online.
Semangat berliterasi guru-guru Kecamatan Kertasari, sukses menulis untuk guru-guru Kabupaten Bandung!
Terima kasih buat semua pengurus PGRI, semoga lelahnya menjadi kebaikan. Sukses PGRI Kertasari! (Rina Indrawaty/Guneman)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PELATIHAN MENULIS BUKU DI KERTASARI, KABUPATEN BANDUNG"

Post a Comment