Literasi Media


“Ngoling Beu!

Program Pertama Sinergi Radio-Radio di Kuningan


Program acara radio “Ngoling Beu” (Ngobrol  Langsung Insan Kuningan Beu) menjadi program acara pertama yang diluncurkan oleh RUKUN (Radio Urang Kuningan Network) yang terdiri atas Kuningan FM, Rasilima FM, Kos FM, Megaswara FM, TAzkia FM, serta Rasuci FM. Program yang disiarkan bareng keenam radio tersebut adalah program talk show rutin setiap hari Jumat pukul 18.30 s/d 20.00 WIB dengan narasumber dari berbagai kalangan.
Lounching acara NGoling Beu sendiri dilaksanakan di Aula LPPL, Jl. Aruji Kartawinata No. 3 Kuningan. Setelah acara lounching, kegiatan diteruskan dengan siaran Program Ngoling Beu di Studio LPPl Kuningan FM dengan narasumber pertama adalah Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, S.H., M.H.
Dalam sambutannya, Pandu Hamzah selaku Koordinator RUKUN menerangkan bahwa RUKUN lahir dan dideklarasikan untuk menjadi wadah pengabdian masyarakat bagi radio-radio di Kabupaten Kuningan. “Radio itu memiliki dua kaki pijakan, satu kaki berada di ranah bisnis dengan target omset dan satu pijakan lagi berada pada wilayah pengabdian sebagai sarana silaturahmi publik, unsur perekat sosial, dan peran radio sebagai media informasi dan pendidikan, serta sebagai sarana literasi media kepada masyarakat. RUKUN adalah wadah bagi kami, radio-radio Kuningan, untuk mengoptimalkan peran penyejuk tersebut. Dan salah satu langkah awal adalah dengan meluncurkan program NGoling Beu ini,” tutur Pandu Hamzah.
Pada kesempatan yang sama, Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, S.H., M.H., mengatakan bahwa media radio sudah dirasakan manfaatnya sejak zaman kemerdekaan, juga di zaman mempertahankan kemerdekaan. Seperti contohnya pidato-pidato Bung Karno serta Bung Tomo  yang selalu bisa menggelorakan semangat rakyat. Acep juga mengenang bahwa zaman dulu, radio adalah barang yang langka.  Dulu ayahnya memiliki radio dan banyak tetangganya suka ikut mendengarkan, terutama pidato-pidato Bung Karno. Acep yakin bahwa peranan radio masih akan terus bermanfaat sampai masa yang akan datang.
Seusai seremonial lounching, acara dilanjutkan dengan talk show “NGoling Beu” pertama yang mengusung tema, “Langkah-Langkah Pemerintah Kabupaten Kuningan Menyikapi Virus Corona” untuk menyikapi banyaknya pertanyaan serta masukan dari  masyarakat  melalui hotline telepon, sms maupun whatsapp. Bahkan ada pula masyarakat perantau yang berpartisipasi dari Jakarta melalui layanan streaming LPPL Kuningan FM. Sementara untuk pendapat pakar, sempat dihubungi ketua IDI Kuningan, dr. Asep Hermana.
Pada akhir siaran, Bupati Kuningan mengatakan akan mengerahkan wabup, sekda serta para  kepala dinas instansi untuk berdialog langsung seperti ini  dengan masyarakat. “Karena dengan media radio ini aspirasi masyarakat bisa diserap secara efektif dan efesien,” pungkas Acep kepada para pendengar acara Ngoling Beu. (Deni Bahari/RUKUN)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Literasi Media"

Post a Comment