DOA KELUAR RUMAH DAN RAIH MANFAATNYA

Oleh Imam Nur Suharno
Kepala HRD dan Personalia Pesantren Husnul Khotimah, Kuningan, Jawa Barat

Manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat memenuhi kebutuhan hidupnya tanpa peran serta dari orang lain. Untuk memenuhi kebutuhan hidup itu seringkali manusia harus keluar rumah. Jika sudah berada di luar rumah maka banyak kemungkinan bisa terjadi.

Islam sebagai agama sempurna telah memberikan tuntunan ketika seseorang hendak keluar rumah, agar sebelum, selama, dan kembali lagi ke rumah senantiasa dalam lindungan-Nya.

Telah menceritakan kepada kami Ibrahim bin al-Hasan al-Khats'ami berkata, telah menceritakan kepada kami Hajjaj bin Muhammad dari Ibnu Juraij dari Ishaq bin Abdullah bin Abu Thalhah dari Anas bin Malik bahwa Nabi SAW bersabda: “Jika seorang laki-laki keluar dari rumahnya lalu mengucapkan: 'Bismillahi tawakkaltu 'alallahi laa haula wa laa quwwata illa billah (Dengan nama Allah aku bertawakal kepada Allah, tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan izin Allah).'
Beliau bersabda: “Maka pada saat itu akan dikatakan kepadanya, 'Kamu telah mendapat petunjuk, telah diberi kecukupan dan mendapat penjagaan, hingga setan-setan menjauh darinya. Lalu, setan yang lain berkata, “Bagaimana (engkau akan menggoda) seorang laki-laki yang telah mendapat petunjuk, kecukupan dan penjagaan.” (HR Abu Dawud).

Dalam hadis yang lain, jika seseorang keluar rumah dan membaca doa di atas maka akan mendapatkan jaminan berupa petunjuk dari-Nya sehingga tidak tersesat dalam perjalanan; dicukupkan segala kebutuhannya selama di luar rumah; dan mendapatkan lindungan-Nya dari berbagai hal yang tidak diinginkan (HR Abu Dawud dan Tirmidzi).

Untuk itu, apabila seseorang akan meninggalkan rumah hendaknya memperhatikan hal-hal berikut ini, pertama, menghadirkan niat yang baik agar semua yang dilakukan di luar rumah bernilai ibadah dan senantiasa teringat akan orientasi hidup.

Kedua, berpamitan kepada orang tua, istri, dan penghuni rumah. Terutama anak meminta izn kepada orang tuanya, dan istri meminta izin kepada suaminya.

Ketiga, mengucapkan salam kepada keluarga yang ada di rumah.

Keempat, memastikan kesopanan dan kerapihan dalam berpakaian serta kelengkapan akan barang kebutuhan selama berada di luar rumah.

Dan, kelima, mengucapkan salam kepada setiap muslim yang dijumpai, baik yang dikenal maupun yang belum dikenal, sebab Nabi SAW sangat menganjurkan untuk saling menyebarkan salam antar sesama muslim (HR Bukhari dan Muslim).
Jika setiap kita kaum Muslimin dapat komitmen dengan membaca doa setiap hendak keluar rumah maka akan mendapatkan jaminan berupa petunjuk dari Allah, dicukupkan kebutuhannya, dan mendapatkan perlindungan dari-Nya. Wallahu a’lam.





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "DOA KELUAR RUMAH DAN RAIH MANFAATNYA"

Post a Comment