Proses Belajar Mengajar Jarak Jauh SMA Negeri 1 Sukaraja Kabupaten Sukabumi (Antisipasi Pencegahan Penyebaran Virus Covid 19)



Berkaitan dengan surat edaran Kemendikbud No. 3 Tahun 2020, yang berisi tentang pencegahan corona virus desiasi (COVID 19) di satuan pendidikan. Dalam menyikapi hal tersebut, Penanggung jawab satuan pendidikan SMA Negeri 1 Sukaraja Kabupaten Sukabumi; Zhairy Andhryanto, S.Pd., MMPd. Telah menerapkan proses pembelajaran daring (online) guna memutuskan rantai penyebaran virus Covid-19. 

Strategi yang digunakan dalam pelaksanaan Proses Belajar Mengajar (PBM) di satuan pendidikan SMA Negeri 1 Sukaraja Kabupaten Sukabumi dengan cara menerapkan rencana dan tindakan yang sistematis dengan memanfaatkan berbagai metode dan media untuk mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan. Strategi tersebut disusun dengan pertimbangan berbagai kondisi nyata yang dihadapi dalam proses pembelajaran yang akan dilaksanakan. Hal ini pun dipertegas oleh penanggung jawab satuan pendidikan SMA Negeri 1 Sukaraja Kabupaten Sukabumi; "Kegiatan ini juga merupakan alat untuk mengukur keberhasilan proses pembelajaran yang telah dilaksanakan serta memberikan gambaran atau umpan balik kepada para guru sebagai dasar untuk mengetahui bagaimana cara pencegahan penyebaran infeksi virus  corona (covid-19)."

Persiapan proses belajar mengajar (PBM) dilaksanakan dengan penyampaian informasi, instruksi dan arahan oleh penanggung jawab satuan pendidikan SMA Negeri 1 Sukaraja Kabupaten Sukabumi; berkaitan dengan strategi yang digunakan dalam Proses pembelajaran daring (online) dan antisipasi pecegahan penyebaran Virus Covid 19.

Adapun strategi yang disampaikan oleh penanggung jawab satuan pendidikan SMA Negeri 1 Sukaraja Kabupaten Sukabumi sebagai barikut:
1. Penanggung jawab satuan pendidikan SMA Negeri 1 Sukaraja membentuk SK Tikomdik (tim komunikasi informasi pendidik) untuk pembuatan akun grup telegram kelas.

2. Tikomdik sebagai admin (owner) memasukan wali kelas, pendidik, dan peserta didik untuk bergabung di grup daring (online) telegram sesuai dengan kelas masing-masing.

3. Seluruh peserta didik wajib mengisi daftar hadir setiap hari, sesuai jadwal mata pelajaran melalui aplikasi pollrbot di telegram.

4. Seluruh pendidik wajib melaksanakan, mengevaluasi, dan menindaklanjuti kegiatan belajar mengajar (KBM) di aplikasi grup telegram yang diikuti oleh peserta didik secara online.

5. Mulai tanggal 16 s.d 21 Maret 2020 KBM diisi dengan materi tentang Covid-19, kemudian tanggal 23 Maret 2020 s.d 13 April 2020 KBM dilaksanakan sesuai dengan materi pembelajaran yang diampu. Ujian sekolah (US) dilaksanakan pada tanggal 31 Maret 2020 s.d 2 April 2020.

6. Setiap pendidik wajib menyampaikan atau memberi materi ajar dengan menggunakan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif sesuai dengan jadwal pembelajaran.

Setelah dilaksanakan proses belajar mengajar selama dua pekan, terhitung  mulai tanggal 16 s.d 27 Maret 2020 dengan mengikuti arahan dan menerapkan strategi yang di sampaikan oleh penanggung jawab satuan pendidikan; Zhairy Andhryanto, S.Pd., MMPd. Proses belajar mengajar berjalan sesuai dengan rencana. Bahkan, capaian dari hasil pembelajaran daring (online) di SMA Negeri 1 Sukaraja memberikan gambaran pembelajaran yang menarik dan pengalaman yang berharga.

Sesuai dengan arahan dari penganggung jawab satuan pendidikan, pendidik SMA Negeri 1 Sukaraja memiliki cara tersendiri untuk mengaplikasikan beberapa metode dan media pembelajaran. Dengan penggunakan aplikasi telegram memudahkan para pendidik untuk melaksanakan proses pembelajaran.

Tak hanya itu, berkembangnya teknologi mempermudah para pendidik  melaksanakan kewajiban  pembelajaran daring (online), adapun aplikasi lain yang digunakan dalam proses pembelajaran adalah Quizizz, Google Classroom, Ruang Guru, dan beberapa aplikasi lainnya. Penggunaan aplikasi-aplikasi tersebut memberikan warna baru dalam proses belajar mengajar. Bahkan, salah satu peserta didik SMA Negeri 1 Sukaraja menyampaikan cuitannya; "Seru banget belajar di quizizz, menantang! Kelebihan dari quizizz ini adalah saya tidak bisa menyontek karena soal yang diberikan telah di acak. Pokoknya quizizz ini seru banget!".

Aplikasi Quizizz ini pun digunakan untuk solusi dalam pelaksanaan Ujian Sekolah (US) di SMA Negeri 1 Sukaraja Kabupaten Sukabumi.

Dengan ditetapkannya kebijakan belajar dari rumah atau study from home (SFH), maka tak hanya berdampak pada perubahan lokasi proses belajar mengajar (PBM) online saja, namun juga terhadap ketentuan pelaksanaan Ujian Sekolah (US) sebagai penentu ketuntasan proses belajar kelas XII.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menegaskan bahwa kegiatan yang mengumpulkan orang banyak, seperti halnya mengumpulkan siswa dan guru di sekolah untuk Ujian Sekolah (US) tidak diperkenankan selama masa darurat Covid-19.

"Posisi belajar dari rumah itu jadi situasi di mana ada area-area yang positif dengan Covid-19, kami menganjurkan muridnya belajar dari rumah dan gurunya mengajar dari rumah. Itu sudah jelas dan sikap kami akan selalu konsisten," kata Nadiem dalam konferensi online, Selasa, (24/3/2020).

Untuk menyikapi himbauan tersebut, satuan pendidikan SMA Negeri 1 Sukaraja Kabupaten Sukabumi melaksanakan Ujian Sekolah (US) secara daring (online) terhitung mulai tanggal 31 Maret 2020 sampai dengan 2 April 2020.  Hal ini dipertegas oleh ketua panitia (TIKOMDIK); "Seluruh persiapan, pelaksanaan, dan laporan ujian sekolah SMA Negeri 1 Sukaraja dikerjakan dari rumah, semua proses berbasis internet. Adapun media internet yang digunakan dalam pelaksanaan Ujian sekolah (US) menggunakan aplikasi Quizizz.  Peserta didik mengerjakan soal secara online di rumah masing-masing dengan arahan dari pantia ujian sekolah (TIKOMDIK)".

Antusias dan semangat peserta didik SMA Negeri 1 Sukaraja Kabupaten Sukabumi dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh (online) dan kegiatan pelaksanaan Ujian Sekolah (US) secara online terlihat dalam komentar yang positif dan kreatifitas peserta didik dalam proses belajar mengajar. Hal ini ditunjukan dengan pembuatan jadwal  pembelajaran yang dibuat setiap hari oleh masing-masing kelas, dengan menyertakan swafoto setiap guru mata pelajaran. Tentu saja dengan adanya hal tersebut, memberikan pengalaman manarik dan semangat baru antara  pendidik dan peseta didik dalam proses kegiatan pembelajaran di satuan pendidikan SMA Negeri 1 Sukaraja Kabupaten Sukabumi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Proses Belajar Mengajar Jarak Jauh SMA Negeri 1 Sukaraja Kabupaten Sukabumi (Antisipasi Pencegahan Penyebaran Virus Covid 19)"

Post a Comment