Belajar Asyik Melalui Live Streaming Facebook dan Wesing.

oleh Leli Desyanti, S.Pd.,

Pandemi corona yang melanda sejumlah negara di dunia termasuk di Indonesia, menuntut seluruh warga untuk melaksanakan kegiatan dan aktifitas bekerja dari rumah. Hal ini demi memutus mata rantai penyebaran virus . Sama halnya dengan kegiatan belajar mengajar yang harus terus dilaksanakan walaupun secara daring.

Tentu saja dengan demikian membuat sekolah- sekolah, khususnya para guru dituntut agar dapat memikirkan strategi pembelajaran yang tepat selama masa karantina berlangsung. Dari sinilah kami sebagai pengajar mendapatkan beragam cara untuk memberikan tugas mandiri kepada siswa dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Seperti menggunakan google classroom , pengumpulan tugas via whatsapp, facebook dan aplikasi menunjang lainnya.    

Untuk menciptakan pembelajaran yang menarik secara daring  pada masa pandemi ini, perlu adanya strategi dan inovasi yang  jitu. Seperti yang kita ketahui bahwa strategi pembelajaran adalah cara yang akan dipilih pengajar untuk menyampaikan materi yang bertujuan untuk memudahkan peserta didik menerima materi pembelajaran . Sedangkan inovasi pembelajaran adalah proses belajar siswa yang dikembangkan secara kreatif dengan menerapkan banyak pendekatan untuk menciptakan proses pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan bagi siswa. keduanya merupakan sebuah sistem kesatuan yang utuh dalam pembelajaran. 

Strategi dan inovasi  jitu ini, dilakukan agar menciptakan kesan baru bagi siswa dalam belajar, dengan tujuan agar siswa tidak cepat  bosan. Salah satu mata pelajaran yang selalu membutuhkan inovasi ini adalah pelajaran seni budaya khususnya seni musik .   

Berkaitan dengan belajar secara daring, SMPN 1 Kedokanbunder, tengah mengajarkan mata pelajaran seni budaya sub seni musik bab  lagu populer. Dalam hal ini tentunya dibutuhkan strategi pembelajaran yang tepat dan inovasi belajar yang dapat membuat siswa meningkatkan daya kreatifitasnya. Strategi pembelajaran, dilakukan secara online melalui live streaming atau disebut on facebook.live streaming video atau video siaran langsung via internet. Fitur ini merupakan salah satu fitur favourit yang tersedia di media sosial. Facebook live ini memungkinkan pengajar untuk terhubung ke banyak orang sekaligus pada satu waktu tertentu. Saat siaran langsung akan tampil siapa saja yang tengah melihat tayangan terebut.  Mengapa melalui facebook? Karena sebagian besar pengguna facebook di indonesia adalah kalangan anak- anak hingga dewasa, khususnya remaja. Oleh karena itu facebook merupakan salah satu media yang dirasa tepat untuk menyampaikan materi yang dibahas.
Selain melalui facebook, aplikasi yang menunjang materi lagu populer ini adalah wesing. Wesing merupakan aplikasi berbasis mobile untuk android, dimana penggunanya dapat bernyanyi dengan latar belakang musik pilihan. Disini pengguna dapat pula menyiarkan video secara langsung, memilih sendiri lagu yang dinyanyikan, atau duet dengan teman artis serta merekam sendiri saat sedang bernyanyi. Dengan berbagai pilihan menarik tersebut, siswa dapat terpacu untuk terus mencoba berbagai macam jenis lagu populer yang mereka minati. Dengan begitu penilaian keterampilan bab lagu populer dapat  di buat melalui aplikasi wesing ini . Setelah selesai siswa dapat membagikannya dengan mengunggah lewat facebook atau media sosial lainnya untuk dapat di apresiasi oleh semua kalangan, khususnya guru.  

Setelah melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar, guru dan siswa membuat evaluasi dari kegiatan yang telah dilaksanakan. Banyak di antara siswa yang mengungkapkan kegembiraannya.bahwasanya dengan belajar secara daring melalui live streaming facebook dan aplikasi wesing, mereka dapat meningkatkan daya kreatifitas dalam bernyanyi, terlebih eksistensinya di media sosial.
Semua guru mungkin merasakan menemui banyak kendala saat menjalani proses belajar secara daring. Di antaranya adalah, koneksi internet yang buruk, keterbatasan kuota, dan ada beberapa di antranya siswa yang bahkan tidak memiliki smart phone. Namun apabila di prosentasekan keberhasilan pembelajaran seni budaya di SMPN 1 Kedokanbunder adalah sebanyak 45%.hal itu merupakan pencapaian yang sudah maksimal yang dapat guru dan siswa usahakan.
Harapan kami para guru, adalah dapat selalu melaksanakan proses belajar mengajar yang kreatif dan menyenangkan, dengan memanfaatkan teknologi informasi  agar tujuan belajar tetap dapat tercapai dengan maksimal.



TENTANG PENULIS
Leli Desyanti, S.Pd., lahir di Garut, 9 Desember 1987. Alumnus UPI Bandung Jurusan Pendidikan Seni Musik, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni (2005-2010). Kini dia sebagai guru seni budaya di SMPN 1 Kedokanbunder Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Sebelumnya bertugas di SMPN 2 Lelea kabupaten Indramayu (2011-2013), dan sempat mengajar di SMP Kartika Siliwangi Kota Bandumg (2008-2011).
Leon sang Penguasa Pulau Mimpi adalah cerpen pertamanya. Sebelumnya penulis aktif membuat lagu dan komposisi musik. karya lagu yang pernah ditulis diantaranya: Sugeng Rawuh (2013), Mars SMPN 1 Kedokanbunder (2013), Legenda Wiralodra (2014), Bulan Sabit (2017), Gerakan 5S (2017). Kegiatan- kegiatan yang pernah penulis ikuti  sebagai narasumber diantaranya, menjadi fasilitator dan pendamping guru sasaran pelaksana Implementasi Kurikulum 2013 di sektor 2 Indramayu tahun 2014. Menjadi Instruktur Kabupaten dan pendamping guru sasaran pelaksana implementasi kurikulum 2013 di sektor 2 Indramayu tahun 2017.

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Belajar Asyik Melalui Live Streaming Facebook dan Wesing."

  1. Sangat menginspirasi...
    Tiada henti berinovasi dalam menghadapi semua situasi merupakan ciri guru masa kini yang kreatif dan inovatif, Terus berkarya demi kemajuan bangsa. Semoga karyanya berkah, aamiin....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin..terimakasih banyak saya haturkan..🙏🙏

      Delete
  2. Keren Bu Leli, tuliskan terus pengalaman mengampu pembelajaran daringnya.

    ReplyDelete