PROSEDUR

Oleh: Édyar RM


Setiap barang yang diciptakan, terutama sekali barang elektronik, pasti disertai dengan manual book yang berisi petunjuk penggunaanya. Hal itu, tentunya agar barang tersebut awet karena benar penggunaannya. Misalnya saja: ponsel, televisi, mesin cuci, oven listrik, dsb. Bila dalam penggunaannya tidak sesuai buku petunjuk, barang-barang tersebut akan cepat rusak. 


Begitu pun dengan manusia. Tuhan telah menciptakan manusia dilengkapi dengan "manual book"-nya, yaitu Kitab Suci. Apabila manusia menyimpang dari ketentuan yang ada di buku petunjuknya, tentunya ia akan binasa. Misal, dalam kitab suci manusia dilarang memakan babi dan meminum arak. Bila manusia melanggar larangan itu, tentu akan berakibat buruk bagi kesehatan fisik dan psikisnya. Oleh karena itu, manusia hendaknya mengikuti prosedur menjalani hidup yang terdapat dalam kitab-Nya agar beroleh keselamatan.


Ah, rasa-rasanya tidak ada satu pun di dunia ini yang tidak ada prosedurnya. Berbicara, berteman, bertetangga, semua ada prosedurnya. Makan, minum, tidur, bahkan BAB, semuanya ada tuntunannya. Contoh sederhana saja, bernapas. Tentunya prosedur bernapas manusia yang benar: udara dihirup melalui hidung masuk ke paru-paru, kemudian dikeluarkan melalui mulut. Coba saja hirup terus tanpa dikeluarkan kembali, atau hirup melalui mulut dan keluarkan melalui hidung. Tentu tidak akan nyaman.


Pernah lihat ibu memasak? Bukankah ada tahapan-tahapannya, ada langkah-langkahnya? Mungkin saja cara memasak ibumu dan ibuku berbeda, sehingga citarasa masakannya pun berbeda. Nyatanya, setiap koki akan mengikuti panduan dalam resepnya masing-masing.


Coba lihat contoh lain, bersin. Ya, bersin pun ada prosedurnya. Ada sistem biologis yang bekerja otomatis dalam tubuh manusia sehingga bersin itu terasa nikmat. Apa lagi contoh lain? Cinta? Adakah prosedur cinta? Dari mata turun ke hati. Tak kenal maka tak cinta. Tentunya ada reaksi kimia yang menyebabkan cinta bersemi. Menumbuhkan cinta dengan cara caci maki sangatlah mustahil. Masih seputar cinta: Prosedur nikah adalah cara yang benar untuk menyemai cinta yang berbuah surga. Aciecie...


Ada lagi nih yang seru: prosedur membuat anak. Ehm... Prosedur membuat anak agar patuh pada orang tuanya. Ini juga jelas ada tuntunannya. Butuh usaha juga doa, dan tentunya keteladanan dari kedua orang tuanya.


Satu lagi ya: prosedur kaya. Ini juga menarik. Sepertinya ada banyak pilihan prosedur yang bisa kita pilih. Dari mulai prosedur berhemat yang katanya pangkal kaya, hingga prosedur korupsi berjamaah yang direstui negara. Ah, sepertinya Tuhan pun telah merilis prosedur kaya raya dalam kitab-Nya.


Sudah ya takut kepanjangan. Takut semakin melantur. Apa simpulannya? Simpulan versi saya, setiap hal dalam hidup ini pasti memiliki prosedur. Dan, selalu ada dua opsi yang bisa kita pilih: prosedur legal made in Tuhan yang menyelamatkan atau prosedur potong kompas bisikan setan yang menjerumuskan. Mana yang kita pilih?


Cipaok, 6 Dzulqa'dah 1441 | 23.30

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PROSEDUR"

Post a Comment