Berdiri Sejak

 


Oleh:Lidip

#Pentigraf 4



Markonah mengantar putrinya ke dokter bedah. Mata ikan yang ada di telapak kaki putrinya yang kian mengganggu, disarankan dioperasi oleh dokter bedah itu. Sebetulnya  kalau boleh memilih, Markonah lebih memilih tinggal di  rumah. Walau badannya tinggi besar, pribadinya tegar dan mandiri, namun jika dihadapkan pada situasi yang ada hubungannya dengan tindakan medis, dia   seringkali merasa gentar dan  ciut nyalinya. Namun putrinya meyakinkannya, kalau dokter bedah yang ini, orangnya kocak. Pasiennya seringkali tidak sadar kalau dirinya sudah mendapat tindakan tangan terampilnya. Itu menurut rekomendasi dari banyak teman putrinya yang pernah menjadi pasien dokter itu..

Setelah menunggu beberapa lama,sesuai nomor urut pendaftaran, akhirnya nama putrinya dipanggil. Markonah ikut ke dalam ruangan untuk menemaninya. Padahal hatinya berdebar, nyalinya ciut, tangannya pun gemetaran dan terasa dingin.

Dokter memeriksa mata ikan yang ada pada kaki putrinya. Untuk mencairkan suasana, Markonah mencoba bertanya pada dokter, tentang penyebab munculnya mata ikan pada telapak kaki putrinya itu.  ”Apakah mungkin, karena di tempat kerja putri saya kelamaan berdiri, Dok?”. Dokter menjawab:”Lama mana berdirinya, dengan Nyonya Meneer, Bu?”. Sejenak Markonah bengong. Dokter tersenyum sambil melanjutkan:”Kan Nyonya Meneer berdiri sejak tahun 1919”. Markonah baru ngeuh maksud Sang dokter. Hampir saja dia ngakak. Diam-diam mata ikan putrinya sudah berpindah tempat.


Catatan: Mata ikan atau clavus adalah penebalan kulit akibat tekanan dan gesekan yang terjadi berulang kali. (sumber: https://www.alodokter.com/mata-ikan)


Indramayu, 7 Agustus 2020.


Tentang Penulis

Lidip atau Lilis Yuningsih, S.Pd., M.M,  kepala SMPN Satap 1 Lelea, kecamatan Lelea, kabupaten Indramayu. Pernah mendapat tugas menjadi kepala sekolah DPK di SMP IT Mutiara Irsyady Pekandangan Jaya Indramayu. Selain mengajar juga menjadi penyiar di Radio Cnde FM, Indramayu. Mengasuh acara Obrolan Hati, setiap Rabu malam, pukul 20.00 sampai dengan pukul 22.00.

Penulis bisa dihubungi via email yuningsihlilis@gmail.com , WA 085 63 481 5 381, 085224223574.





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berdiri Sejak"

Post a Comment