SISWA SD NEGERI MENGHAFAL AL-QUR’AN

 

Oleh Hj. Ila Wasilah, M.Pd.


Masih terngiang sampai saat ini kata-kata bapak H. Jira, S.Pd., M.M., selaku  asesor akreditasi di SDN Unggulan tahun 2019. Beliau berkata  sambil matanya berkaca-kaca, “Bapak kepala sekolah dan Bapak serta Ibu guru SDN Unggulan yang saya banggakan, baru kali ini saya menjadi tim penilai akreditasi, disuguhi hal yang sangat luar biasa yang tidak pernah saya jumpai selama 35 tahun menjadi tim akreditasi. Anak-anak hebat yang sangat luar biasa, anak-anak kelas 2 SD sudah hafal An-Naba, An-Naziat dan Al-Muddassir beserta artinya, masyaallah luar biasa,” kata beliau dalam pidatonya sebelum memberikan banyak sambutan tentang penilian akreditasi.

Kata-kata dari bapak H. Jira, S.Pd., M.M. itulah yang membuat saya  selalu semangat dalam mengajarkan menghafal Al-Qur’an menggunakan metode “Kauny Master” di SDN Unggulan Indramayu. Selain di SDN Unggulan, saya dan tim Hafidz On The Street selalu mengajak masyarakat Indramayu untuk menghafal Al-Qur’an dengan menggunakan metode “Kauny Master,” dengan program “Sambal Hots,” yang memiliki makna “Senam Sambil Ngafal,” yang kami lakukan setiap hari Ahad pagi, dari pukul 07.30 s.d. 10.00 di halaman Masjid Islamic Centre Indramayu. 

Pada masa sekarang, era globalisasi sudah tidak bisa dibendung lagi. Sudah sangat banyak generasi penerus bangsa yang rusak akhlaknya. Sudah terjadi yang namanya degradasi moral. Membentuk karakter seseorang bukan hanya tugas orang tua dan guru saja, tetapi semua elemen masyarakat. Selama ini, kegiatan menghafal Al-Qur’an oleh sebagian masyarakat muslim di Indonesia, dianggap sebagai sebuah aktifitas yang sulit, membutuhkan waktu dan hampir tidak mungkin mereka lakukan. Mereka beranggapan bahwa, kegiatan menghafal hanyalah bagi mereka yang otaknya encer. Untuk sekedar duduk di lembaga pendidikan tahfizh seperti pesantren, rumah tahfizh atau lembaga khusus lainnya, berbagai macam alasan dikemukakan, seperti banyaknya kesibukan, umur yang sudah tak lagi muda, tidak punya kemampuan dan sebagainya. Padahal Allah sudah menjanjikan bahwa, mempelajari Al-Qur’an termasuk didalamnya proses menghafal, telah Allah mudahkan. “Sesungguhnya telah kami mudahkan Al-Qur’an untuk dipelajari, maka siapakah yang mau mengambil pelajaran?” QS Al-Qomar ayat 17, 22, 32, 40. 

Anggapan bahwa Al-Qur’an itu sulit, seolah menjadi rantai gajah yang membelenggu benak kaum muslimin. Padahal Al-Qur’an adalah pedoman  hidup seorang muslim. Sejatinya, tiada muslim yang tak ingin hafal Al-Qur’an.

Metode “Kauny Master” (Menghafal Al-Qur’an Semudah Tersenyum) adalah sebuah metode baru yang menawarkan kemudahan dalam menghafalakan Al-Qur’an. Metode ini dicetuskan dan dikembangkan oleh ustadz Bobby Herwibowo sejak tahun 2011, melalui Yayasan Askar Kauny yang didirikannya. Beliau berusaha untuk memperkenalkan dan memasyarakatkan metode ini untuk semua kalangan. Melalui metode ini pula, beliau mendirikan banyak pesantren yang tersebar di beberapa daerah di Indonesia, dan menjadikan metode “Kauny Master” sebagai metode yang digunakan dalam menghafal Al-Qur’an.

Hal yang membuat metode “Kauny Master” ini berbeda dengan metode lain adalah, penggunaan gerakan beberapa anggota badan ketika menghafal. Gerakan anggota badan tersebut, sebenarnya merupakan gambaran dari arti atau kosa kata ayat yang sedang dihafalkan. Melalui metode ini seseorang yang menghaflkan Al-Qur’an, tidak hanya hafal lafaz Arabnya saja, namun juga hafal arti atau makna dari ayat yang dilafazkan.

  1. Awal Metode “Master” di Indramayu

Pada tahun 2017, waktu itu melalui adik saya yang di Cikarang, saya didaftarkan untuk mengikuti Trainning of Trainner (TOT) “Metode Menghafal Al-Qur’an Menggunakan Kauny Master.” Selama tiga hari, saya mengikuti pelatiahan. Hasil pelatihan tersebut, pertama kali diterapkan, ketika saya bertugas di SDN Kepandean 2 Kecamatan Indramayu. Kemudian pada tahun 2018,  saya terapkan di SDN Unggulan. Bukan hanya untuk para siswa, pelatihan juga saya sampaikan kepada guru-guru pendidikan Agama Islam di kecamatan Indramayu khususnya.

  1. Perkembangan Metode “Kauny Master” di Indramayu

Sesuai dengan visi dan misi Indramayu yang Religius, Maju, Mandiri, dan Sejahtera (Remaja), tentunya metode menghafal Al-Qur’an “Master” di kabupaten Indramayu disambut baik oleh masyarakat Indramayu dan berbagai instansi. Salah satunya Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu. 

Pada tahun  2018, ada beberapa sekolah dasar dan menengah yang menerapkan menghafal Al-Qur’an metode “Kauny Master," diantaranya SDN III Margadadi, SDN IV Margadadi, SDN V Margadadi, SDN VI Margadadi, SDN I Singaraja, SDN I Kepandean, SDN I Pekandangan, SDN 2 Teluk Agung dan SMPN 2 Sindang, serta di luar kecamatan Indramayu, salah satunya SD dan SMP Global Mandiri Patrol. 

Saat yang membahagiakan dan mengharukan bagi kami semua, pengembang metode “Kauny Master” di kabupaten Indramayu adalah, ketika 1.200 siswa dan siswi, baik Sekolah Dasar maupun Sekolah Menengah, tampil serentak di depan ibu Bupati Indramayu, Hj. Ana Sophanah dan bapak Kepala Dinas Kabupaten Indramayu, bapak Dr. H. Ali Hasan, M.Pd. beserta jajrannya, serta disaksikan guru-guru yang ada di kabupaten Indramayu pada peringatan Hari Pendidikan Nasional pada tahun 2018. 

Ucapan terima kasih ditujukan kepada :

  1. Bapak. Dr. H. Ali Hasan, M.Pd., selaku mantan Kepala Dinas yang telah banyak membantu metode ini berkembang di Indramayu.

  2. Bapak Malik Ibrahim, S.Pd., selaku Kepala Bidang SD.

  3. Bapak Sukanda, S.OS., yang telah memberikan dukungannya, sehingga 1.200 siswa dan siswi bisa tampil dengan hebat dan luar biasa.

  4. Ibu pengawas, yaitu ibu Erni Heriningsih, M.Pd., yang sangat hebat dan luar biasa, juga yang telah memberikan dukungan dalam pengembangan metode “Master,” khususnya di kecamatan Indramayu. 

  5. Bapak H. Zaenal Abidin, M.Pd., selaku Kepala SDN Unggulan.

  6. Bapak dan ibu kepala sekolah serta rekan-rekan guru yang ada di kabupaten Indramayu, yang telah banyak membantu pengembangan metode “Kauny Master” di Kabupaten Indramayu.

Semoga apa yang kita lakukan dicatat Allah sebagai amal ibadah kita. Amin.





Tentang Penulis


Nama lengkap saya Hj. Ila Wasilah, M.Pd., murid-murid biasa memanggil saya Mrs. Ila. Saya lahir di Rembang 15 Juli 1974. Walaupun usia saya sudah tidak muda lagi, namun tidak menjadikan langkah saya surut dalam belajar. Karena dengan “to learn” kita akan cerdas, dengan “to learn” kita akan hebat, dengan “ to learn“ kita akan menjadi manusia yang bermartabat. 

Kegiatan menulis sudah lama ingin saya lakukan, tetapi selalu takut salah, karena sejatinya saya bukan lulusan sarjana bahasa  Indonesia. Konon katanya, penulis-penulis hebat kebanyakan dari lulusan sarjana bahasa Indonesia.

Alhamdulillah, akhirnya melalui grup GLN (Gerakan Literasi Nasional), saya menjadi termotivasi untuk giat membaca dan mencoba menulis. Jari-jemari ini, saya coba ayunkan di atas keybord laptop sehingga menjadi artikel ini. Terima kasih untuk ibu saya tercinta, ibu Lilis Yuningsih, S.Pd., M.M., yang telah memberikan dukungannya sehingga saya berani menulis artikel ini. 

Selain bertugas menjadi guru di SDN Unggulan, saat ini saya diberi kepercayaan sebagai :

  1. Pimpinan Rumah Tahfidz Al-Hidayah Indramayu,

  2. Pimpinan Kauny Qur’anic School Bimbingan Belajar AL-Hidayah Indramayu,

  3. Ketua umum Hafidz On the Street Indramayu,

  4. Motivator Metode “Kauny Master” di kabupaten Indramayu.

Pengalamanku selama menjadi guru diantaranya adalah, pernah menjadi :

  1. Instruktur Nasional Kurikulum 2013 pada tahun 2015, 

  2. Fasilitator Buku Bacaan Berjenjang Kabupaten Indramayu tahun 2016, 

  3. Duta Guru Tahfidz Nasional pada tahun 2017.



Prestasi yang pernah saya peroleh, diantaranya pernah menjadi :

  1. Juara I, lomba Guru Berprestasi dalam Mengajar tingkat kapupaten tahun 2015,

  2. Juara harapan I, lomba Guru Berprestasi dalam Mengajar tingkat propinsi Jawa Barat.

  3. Lulusan terbaik program Pasca Sarjana Universitas Wiralodra tahun 2017

  4. Pencetus Gerakan “Metode Master” di Indramayu, yang dinobatkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu.



Editor: Hadi Sukamto







Subscribe to receive free email updates:

19 Responses to "SISWA SD NEGERI MENGHAFAL AL-QUR’AN"

  1. Terus diberi kemudahan dan kelancaran dalam segala hal. Semangat Mrs Ila 🥰

    ReplyDelete
  2. Semoga selalu diberikan kemudahan serta kelancaran & semngat selaluuuu Mrs ila🥰🥰

    ReplyDelete
  3. Semangat dan sukses selalu bu hj!

    ReplyDelete
  4. Apresiasi dengan aktivitas itu semoga dapat terus memotivasi peserta didik, orang tua siswa dan stakholder untuk mendapatkan referensi dalam meningkatkan proses aktivitas pembelajaran yang harus selalu uptodate . Selamat.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin 3x Ya Rabb,terima kasih bapak atas semua dukunganya, semoga Allah ridho

      Delete
  5. Semoga diberi kemudahan, kelancaran Dan tetap semangat ya Mrs, salutttt masa pandemic pun kbm secara daring pun tetap berjalan, hafalan method kauny pun berjalan. Metode pembelajaranya pun tidak membosankan, masya Allah Alhamdulilah.. Salam semangat by Elvano ya Mrs 🥰

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih banyak mam atas dukungannya,semoga Allah ridho.aamiin

      Delete
  6. Semoga di berikan kelancaran, kemudahan,semangat & sukses teruuus....

    ReplyDelete
  7. Semangats dan sukses terus Mrs Ila. salam dari Aqiela ya

    ReplyDelete