Kompetisi Hutan Jujur

Oleh Giovany Mahesa Putra
Siswa Kelas 7-6 SMP Darul Hikam Kota Bandung

Pada suatu hari di dalam Hutan Alaska, beberapa chef dari hutan mau mengikuti sebuah kompetisi memasak. Kompetisinya diadakan oleh Yeti. Ia sudah berkeliling dunia untuk mencicipi semua makanan yang ada. Yeti baru sampai ke Alaska dari India. Caranya ia bisa pergi ke tempat berikut adalah sebuah rahasia.


Peserta kompetisi memasak dibagi menjadi tiga kelompok. Mereka terdiri dari kelompok beruang, kelompok rusa, dan kelompok burung. Tugas mereka membuat makanan jenis seafood.

Untuk itu semua kelompok pergi mencari ikan sesuai tempat masing-masing. Kelompok beruang mengambil ikan dari sungai, Kelompok burung mengambil dari laut, dan kelompok rusa dari danau.


Setelah mendapat ikan dan bahan makanan lainnya, proses memasak sekarang mulai. Yeti yang bertindak sebagai juri mengobservasi setiap kelompok untuk memastikan lomba berjalan baik.

Yeti bertanya pada Cow si beruang grizzly, “Apakah kelompok kalian sudah kompak memasak?”

“ Sudah,”jawab Cow.

”Kami berbagi tugas. Sally si beruang coklat memasak ikan, Bond si beruang hitam memasak sayuran, dan saya mengarahkan mereka sekaligus membuat sebuah salad ikan salmon." lanjut Cow.


Yeti pun bertanya ke kelompok lainnya. Di kelompok burung, Apollo si elang bertindak sebagai ketua kelompok. Ia terlihat memerintah Shanty si pelikan dan Robin si angsa berbagi tugas memasak. Sedangkan di kelompok rusa, Bob si rusa moose menjadi ketua, sedangkan John, si rusa antelop dan Ross, si rusa ekor putih, bertugas memasak.

Ada satu rahasia yang Yeti tidak ketahui. Ia tidak tahu kalau kelompok burung mencuri makanan dari restoran manusia dan mencoba mencuri bahan makanan dari kelompok rusa.


Waktu memasak pun sudah habis. Yeti sang juri mulai melakukan penilaian. Ia mencoba makanan setiap kelompok.

Ketika memeriksa makanan si kelompok beruang, Yeti berkomentar, “Menurut saya, teksturnya lembut, halus, dan dengan adanya kacang, bayam dan tomat, ini adalah kombinasi yang bagus.”

Sekarang Yeti mencoba makanan kelompok rusa. “Sop ini rasanya kurang adanya ikan, sayuran kentang sama kolnya bagus sih, tapi ini kekurangan ikan” kata Yeti.

Ross ingin sekali mengatakan yang sebenarnya bahwa kelompok burung telah mencuri bahan mereka, tapi ia takut Apollo akan menyakitinya.

Terakhir, Yeti mencoba makanan hasil kerja kelompok burung. Sebelum ia mencicipin salad yang dibuat kelompok burung, tiba-tiba Ross berteriak ke Yeti bahwa kelompok Burung telah mencuri bahan makanan mereka.

Yeti kaget dan berteriak dengan sangat marah ke kelompok burung, “Apa-apaan ini! Kalian mencuri dari Kelompok rusa biar kalian bisa dapat lebih banyak ikan?”

Shanty menjawab bahwa mereka hanya ingin memenangkan lomba ini

“Kalau begitu, coba berusaha lagi! Kamu tidak boleh mencuri di dalam kompetisi saya, sebagai hukuman kalian didiskualifikasi dan tidak boleh ikut kompetisi saya lagi.” tegas Yeti.

Setelah selesai memarahi kelompok burung, Yeti mengumumkan nilai yang didapa setiap kelompok. Semua peserta mendapat nilai, kecuali kelompok burung yang telah berbuat curang.


Dari hasil penilaian juri, kelompok Rusa dinyatakan sebagai pemenang. Menurut juri selain rasa masakan ada hal lain yang menjadi nilai tambah kelompok rusa. Mereka berani membongkar kecurangan kelompok burung dan kelompok beruang.

Dengan tambahan poin ini, maka makanan Ross dan kawan-kawan yang kurang sayuran poinnya menhadi bertambah. Bob,Ross, dan John akhirnya mendapat medali emas untuk makanan sop yang mereka masak ditambah kejujuran dan keberanian mereka membuka kejahatan.








 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kompetisi Hutan Jujur"

Post a Comment