KUNJUNGAN PENGAWAS SEKOLAH: Refleksi Diri Penyegaran Dimasa Pandemi

 

Oleh Dewi Ratih Kustiwardani
(Guru Bahasa Indonesia SMPN 1 Babakanmadang, Kab. Bogor) 

Sujud kepada Allah SWT pada dasarnya tidak hanya sekedar kewajiban, namun juga sebuah kebutuhan.

SMPN 1 Babakanmadang, Senin, (26/10/2020) mendapat kunjungan pembinaan dari pengawas sekolah, H. Humai  Ansori, S.Pd. M.M. Kehadiran beliau disambut Kepala Sekolah dan dewan guru. Tepatnya kehadiran beliau merupakan refleksi diri penyegaran tenaga pendidik di lingkungan SMPN 1 Babakanmadang  di masa pandemi Covid-19. 

"Pandemi merupakan tantangan yang bisa dijadikan peluang oleh para tenaga pendidik, meski menjadi musibah namun di sisi lain juga pembawa berkah. Dengan adanya pandemi jadi memunculkan peluang karena membawa perubahan dan tugas baru," ujar H. Humai. Di sela percakapan beliau memberikan arahan berupa formula menghadapi tantangan ini adalah kuncinya ibadah. Ibadah dalam memperkaya membaca kitab suci Alquran. 

"Alquran sebagai pedoman hidup ternyata menyibak rahasia karakteristik sifat seseorang sesuai tanggal lahirnya menurut Alquran. Baca dulu, baru percaya,” katanya. 

Mungkin selama ini salah satu orang yang suka iseng mencari tahu bagaimana perwatakan seseorang, bahkan orang lain ataupun keluarga terdekat. Namun yang jadi patokan umumnya adalah zodiak, kalau bukan itu biasanya primbon jawa dan mungkin ada lainnya.

Contoh :

Kelahiran Tanggal 1

Surat Al-Fatihah (Pembukaan)

Kelahiran tanggal 2

Al-Baqarah (Sapi Betina) dst. 


"Ibadah merupakan ketaatan kepada Allah Subhanallahu wa taala dalam melaksanakan perintah-Nya. Di dalamnya mencakup segala apa yang diridai Allah, baik itu ucapan ataupun perbuatan, zahir maupun batin. Alquran adalah pedoman hidup yang menjelaskan beragam aturan, dari hal terkecil hingga terbesar, agar manusia dapat meniti jalan hidupnya dengan kemuliaan dan kebahagiaan. Kesulitan adalah ujian dari Allah yang tidak dapat dicegah. Jadi kita sebagai umat Islam diharuskan untuk melewati situasi seperti itu dengan tetap setia dengan kehendak Allah SWT. Jangan kehilangan harapan di masa sulit, ini semua akan berlalu dan hari yang lebih baik akan segera datang,” ucap pengawas menutupi arahannya. 

Sebagai acara penutup, ada wejangan dari kepala sekolah, H. Tri Pangestuti,  S. Pd., sebagai penguat bahwa pandemi ini menjadi momentum tepat bagi sekolah melakukan perubahan. Pastinya kita berharap, kualitas pembelajaran di masa pandemi yang bertopang pada pembelajaran jarak jauh (PJJ) tidak boleh mengalami stagnasi apalagi penurunan.***


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KUNJUNGAN PENGAWAS SEKOLAH: Refleksi Diri Penyegaran Dimasa Pandemi"

Post a Comment