PEMBELAJARAN BERDEMOKRASI BAGI SISWA SMP NEGERI 1 CISAAT PADA MASA PANDEMI

 


Sukabumi-Guneman.(21/10) Masa pandemi bukan masa yang membelenggu kreativitas dan produktivitas untuk menjadi pribadi yang berprestasi dan berakhlak mulia. Hal ini dibuktikan di SMP Negeri 1 Cisaat dalam proses pemilihan Ketua OSIS dan MPK. Pembina OSIS SMP Negeri 1 Cisaat Asep Endra Mulyana, S.Pd. membimbing dengan intensif proses pemilihan dari tahap persiapan hingga pengumuman dan pelaporan. Tentu saja kinerja yang luar biasa ini atas koordinasi yang optimal dengan Wakasek Kesiswaan (Hasbullah, M.Pd. dan Beni Suhendra, S.Pd.), para Wakasek lainnya, serta seluruh warga sekolah.


Proses pemilihan diawali dengan penjaringan calon berdasarkan kriteria tertentu. Calon yang terpilih diwawancarai oleh Kepala Sekolah. Bapak Iyus Andi Nugraha, S.Pd., M.M. sebagai Kepala Sekolah yang baru bertugas beberapa bulan di SMP Negeri 1 Cisaat bersemangat untuk mengapresiasi dan memotivasi kegiatan ini. Beliau semakin bangga dengan potensi para siswa di sekolah yang lebih dikenal dengan sebutan Necis ini. Dalam sambutannya beliau berharap agar seluruh warga SMP Negeri 1 Cisaat selalu dapat menunjukkan pribadi yang unggul dan berkarakter.




Pada masa pandemi kegiatan dikemas dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Debat terbuka para kandidat calon ketua OSIS hanya dihadiri oleh beberapa orang siswa. Sementara itu, siswa yang lainnya menyimak debat dari rumah masing-masing melalui siaran langsung pada akun youtube SMP NEGERI SATU CISAAT. Visi dan misi serta program-program unggulan para calon Ketua OSIS dikuatkan dengan pertanyaan-pertanyan dari panelis debat (Ratna Muda Ningrum, M.Pd. dan Yanti Nuhayati, S.Pd., M.M.Pd.)


Pemilihan Umum yang biasanya dilakukan serempak di lapangan sekolah, saat ini dilaksanakan melalui media daring. Seluruh siswa yang menggunakan hak pilihnya terdata dengan jelas. Hal ini menjadi tambahan penilaian sikap karakter positif yang mereka tunjukkan melalui kegiatan yang sangat bermakna. 

Pembelajaran berdemokrasi semoga dapat membekali seluruh siswa menjadi pimpinan yang mampu memimpin yang terpimpin oleh Yang Maha Memimpin. (Ratna Muda Ningrum-Guneman)



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PEMBELAJARAN BERDEMOKRASI BAGI SISWA SMP NEGERI 1 CISAAT PADA MASA PANDEMI"

Post a Comment