Sebuah Literasi Cinta

Oleh : Wahyudin, M.Pd.I

Pengawas PAI Kemenag Kab. Bekasi


Literasi terutama menulis harus selalu diasah. Berdasarkan pengalaman saya, ternyata kepiawaian menulis itu membutuhkan proses pelatihan yang intens dan penuh ketelatenan. Awalnya tulisan saya kaku dan belum kaya akan diksi. Seiring dengan waktu, alhamdulillah sudah menghasilkan dua buku tunggal : Jejak Mualaf Literasi dan Literasi Spiritual. Itulah buah manis pelatihan literasi. Meminjam istilah Hernowo Hasim, mempraktikkan membaca ngemil dan Free Writing (menulis bebas).


Kegiatan bedah Buku "Literasi Spiritual" dengan tema : _Mewujudkan Generasi Hobby akan Literasi_ menginspirasi peserta didik SMPIT Insan Kamil Cikarang Utara untuk berkarya. Saat bedah buku digelar pada hari Selasa, 01 September 2020 yang ditayangkan secara Virtual melalui Live Youtube, semua peserta mengikuti dengan antusias. Bahkan ada peserta dari Sulawesi dan Lampung mengikuti dengan aktif kegiatan spektakuler ini.


Sudah menjadi komitmen Irfan Fahrizal selaku Kepala Sekolah dan guru-guru pembimbing, bahwa bedah buku ini sebagai _starting point_ menghasilkan karya. Bukti konkrit, terciptalah buku Antologi dengan judul "Baper ke ...? Ya Islam, Guru, Orang Tua. Sebagai Narasumber acara berbasis literasi ini, saya bangga karena peserta didik sudah mampu dan berani menulis karya yang dibukukan.


Buku ini memberikan nuansa inspiratif tentang Cinta kepada guru, Cinta  kepada Islam, dan Cinta kepada orang tua. Itulah yang saya sebut "Sebuah Literasi Cinta". Sebagai modal kunci kesuksesan seorang anak, kesuksesan seorang murid, dan bukti pengabdian kepada Islam, secara totalitas dengan cinta. Tentunya setiap anak selalu berbuat yang terbaik. Manifestasinya dengan kesalehan individu, kesalehan sosial, dan kesalehan intelektual.


Saya berharap, buku ini menjadi langkah awal agar anak sejak dini cinta literasi sehingga siap menyambut Era Emas 2045 dengan karya tulis yang gemilang. Tentunya bisa menjadi catatan sejarah berupa peradaban yang abadi. Selamat mengemil dengan membaca buku ini. Insya Allah sangat bermanfaat.


Bekasi, 07 September 2020/19 Muharram 1442 H

Penulis Buku

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sebuah Literasi Cinta"

Post a Comment